Penggantian Ban Mobil Pengaruhi Jarak Efektif Pengereman

JAKARTA, virprom.com – Mengganti ban mobil dapat berdampak signifikan terhadap performa secara keseluruhan, terutama jarak pengereman yang merupakan faktor penting keselamatan berkendara.

Zulpata Zainala, Head of Product Planning and Technical Support GT Radial menjelaskan, saat mengganti ban, jarak berhenti kendaraan berubah tergantung jenis ban yang dipilih.

“Perubahan performa seperti jarak pengereman pasti terjadi saat mengganti ban. Sebab, ukuran dan tapak ban serep bisa saja berbeda dengan ban bawaan mobil,” kata Zulpata kepada virprom.com, Selasa (17/9). 2024).

Baca juga: Kerjasama antar pihak bisa hilangkan masalah balap liar

Ia menambahkan, perubahan tersebut bisa berdampak positif atau negatif tergantung kualitas dan karakteristik ban yang dipilih.

Ban dengan bahan berkualitas dapat membuat jarak pengereman menjadi lebih sesuai atau memperpendek jarak sehingga lebih aman.

Sementara itu, ban yang tidak pas meningkatkan risiko pengereman berkepanjangan, terutama pada kondisi jalan yang kurang ideal.

“Pemilihan ban yang tepat sangat penting untuk performa pengereman, stabilitas, dan keselamatan berkendara,” jelas Zulpata.

Baca juga: Ingat kembali pentingnya pemblokiran STNK saat menjual mobil

Oleh karena itu, untuk menjamin keselamatan, penting bagi pengemudi untuk memahami spesifikasi ban yang cocok untuk kendaraannya. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top