Motor yang Pakai Rem ABS Diklaim Lebih Aman Saat Lewat Jalan Licin

JAKARTA, virprom.com – Sepeda motor yang dijual di Indonesia kini dilengkapi dengan fitur keselamatan yang cukup canggih. Misalnya saja fungsi pengereman anti-lock brake system (ABS) yang tidak hanya terdapat pada sepeda motor sport saja, namun juga digunakan pada beberapa skuter matik kelas premium.

Sepeda motor dengan ABS lebih mahal, tapi fungsi ini tidak diberikan.

Fungsi ABS dinilai lebih unggul dan aman dibandingkan Combi Brake System (CBS). Apalagi bila digunakan di berbagai permukaan jalan, terutama permukaan jalan yang licin seperti genangan air dll.

Baca juga: Apakah penerapan peraturan wajib ABS pada sepeda motor dapat menurunkan angka kecelakaan?

“Agar pengereman lebih aman tentunya menggunakan ABS, karena rem pada roda sepeda motor menjadi lebih stabil meski pada tekanan maksimal, sehingga roda tidak terkunci saat melakukan pengereman,” kata Agus Sani, Kepala Promosi Keselamatan Berkendara, saat ditanya oleh virprom.com, Senin (19 Agustus 2024).

Sedangkan pada CBS rem bekerja ketika rem roda belakang ditarik lebih dari 50 persen, rem roda depan juga ikut mengerem.

“Namun, jika ditarik sekuat tenaga, roda bisa terkunci. “Jadi kalau jalannya licin, ada risiko terjatuh,” kata Agus.

Baca juga: Pendapat Masyarakat Tentang Wacana Sepeda Motor di Indonesia: Syarat ABS

Selain itu, pemilik kendaraan yang menggunakan sistem pengereman ABS tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan licin karena roda tidak terkunci. Berbeda dengan CBS yang mana pengemudi harus memperhatikan jalur yang dilaluinya saat melakukan pengereman.

“Dengan sistem CBS, saat rem di jalan licin, jangan menekan (tuas rem) sekuat tenaga karena berisiko roda terkunci dan selip,” kata Agus. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top