Jangan Simpan Barang-Barang Ini di Mobil Saat Cuaca Panas

SOLO, virprom.com – Cuaca panas seperti di banyak wilayah Indonesia bisa menyebabkan suhu di dalam mobil meningkat.

Kondisi ini tentu membuat perjalanan menjadi tidak nyaman dan dapat membahayakan beberapa barang yang disimpan di dalam kabin mobil.

Beberapa barang sangat rentan mengalami panas berlebih dan menempatkannya di dalam mobil saat cuaca panas dapat menimbulkan risiko bahaya seperti kebakaran atau ledakan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Meminyaki Knalpot Motor Bisa Cegah Karat

Iwan, Pemilik Klinik Mobil Iwan Motor Honda, mengatakan kecil kemungkinan mobil terbakar saat cuaca panas, namun jika suhu di atas 60 derajat Celcius dan ada pengemudi, hal itu bisa saja terjadi.

Tapi kalau terlalu panas, meski suhu kabin di atas 60 derajat Celcius karena parkir di bawah sinar matahari langsung, bisa terjadi kebakaran kalau ada pemicunya, kata Iwan kepada virprom.com sebelumnya.

Katanya, pasti ada penyebab mobil terbakar, karena mobil ada tuasnya, ada kebocoran oli dan bensin.

Namun, Iwan menyarankan untuk tidak menyimpan barang-barang tersebut di dalam mobil saat cuaca sedang panas, karena dapat menimbulkan kebakaran.

Ada faktor lain seperti meninggalkan benda-benda yang mudah terbakar, misalnya korek api, pengharum ruangan, power bank, kata Iwan.

Baca juga: Soal fenomena truk yang dialihkan, Aptrindo bilang sulit dikendalikan

Sony Susmana, Training Director Defensive Security Consultant Indonesia, juga mengatakan banyak orang yang tidak memikirkan bahayanya meninggalkan barang di dalam kabin dalam cuaca yang sangat panas.

Sony mengatakan, secara umum, semua barang berpotensi berbahaya. Benda paling ringan sekalipun, misalnya botol minuman, tetap berisi cairan.

“Jika penuh dan terkena sinar matahari langsung, dapat menggantikan fungsi kaca pembesar. Artinya pembelokan sinar matahari yang diterima botol menyebabkan benda di sekitarnya menjadi terlalu panas dan menimbulkan kebakaran,” kata Sony.

Lebih lanjut, Sony mengatakan, tidak ada barang elektronik yang dirancang untuk menerima panas berlebihan, seperti power bank, ponsel, laptop, dan lain sebagainya. Hal yang sama berlaku untuk korek api, yang tentunya bisa menjadi cara untuk menyalakan api. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top