Resepsi Diplomatik Indonesia di Penang, KJRI Suguhkan Bakso hingga Bir Pletok

Penang, virprom.com – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang menggelar resepsi diplomatik pada Jumat (20 September 2024) malam. Ketua Menteri Penang Prai Prai dan diplomat dari negara sahabat lainnya juga hadir.

Dalam kesempatan tersebut, KJRI Penang menyajikan beragam masakan khas Indonesia, antara lain bakso, teh bunga telang, sate, dan bir pratok.

Secara khusus, minuman kopi khas Indonesia juga disajikan di Cafe Citigan Micro Coffee Roastery yang dikelola Indonesia di Penang, Malaysia.

Baca juga: 402 Anak Diselamatkan dari Dugaan Pelecehan Seksual di Panti Asuhan Malaysia

Penawaran makanan dan minuman ini bertujuan untuk mempromosikan makanan dan minuman Indonesia. Selain itu juga dipamerkan tekstil khas Indonesia yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia.

Resepsi diplomatis ini akan menampilkan kekayaan warisan dan budaya nusantara, dengan penampilan tari tradisional yang memukau oleh Sanggar Tari Diamond Medan.

Tarian yang ditampilkan adalah tari Pasembahan Swagat, tari Saman dan tari Gebia Sumatera Utara.

Selain untuk menjaga hubungan baik dengan bangsa dan pemangku kepentingan di bidang bisnis dan akreditasi KJRI Penang, acara resepsi diplomatik juga dijadikan sarana untuk mempromosikan seni, budaya, dan perekonomian Indonesia.

Rilis yang dikeluarkan KJRI Penang menyebutkan adanya ketegangan, terutama atas pernyataan Ketua Menteri Pulau Penang YAB. Chow Kong Yo, beberapa konsul jenderal negara sahabat, dan tamu undangan lainnya pun ikut menari “Tota” hingga larut dalam suasana persaudaraan dan persatuan.

Dalam sambutannya, Konjen RI Penang Wangton Saragi menyampaikan bahwa kerja sama antara Indonesia dan Malaysia telah menunjukkan kemajuan di berbagai bidang, khususnya dengan Pulau Penang.

Salah satunya ditandai dengan tingginya mobilitas masyarakat dari Indonesia ke Penang dan sebaliknya.

“Dengan konektivitas udara, terdapat sekitar 80 penerbangan langsung per minggu dari Penang ke Indonesia pada rute Penang-Kualanum, Penang-Jakarta, Penang-Surabaya, dan Penang-Aceh (P.P). Penerbangan ini merupakan penerbangan Langsung Kuala yang paling sering dioperasikan Lumpur – Indonesia (P.P.p), “Penjelasan Pangsit”

Ia juga mengatakan, pemindahan ibu kota dari Jakarta di Jawa ke ibu kota nusantara di Kalimantan Timur akan semakin memperluas ikatan dan peluang kerja sama kedua negara.

Baca juga: Polisi Malaysia peringatkan TikToker untuk berhenti mengunjungi situs trotoar rusak untuk mencari konten

Mengenai hal ini, Ketua Menteri Negara Bagian Pulau Penang YAB mengatakan: Chow Kong Yo juga berharap hubungan kerja sama antara Indonesia dan Penang terus berkembang.

Penang khususnya mengandalkan dukungan masyarakat Indonesia untuk memperkuat posisinya sebagai salah satu pusat wisata medis terbesar di Asia Tenggara, tutupnya. Dapatkan berita terkini dan liputan pemilu langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda dan akses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top