Pemkot Paris Ngotot Akan Pasang Logo Olimpiade Permanen di Menara Eiffel

PARIS, virprom.com – Wakil Wali Kota Paris Pierre Rabadan pada Selasa (3/9/2024) membela rencana penempatan logo Olimpiade secara permanen di Menara Eiffel.

Dia mengatakan cincin yang melambangkan acara olahraga itu tidak merusak monumen ikonik Paris itu.

Ide untuk memasang logo Olimpiade secara permanen di Menara Eiffel mendapat penolakan keras dari keturunan desainer menara tersebut, Gustave Eiffel, dan memicu keresahan di kalangan sebagian warga Paris.

Baca juga: Menara Eiffel Tetap Berlogo Olimpiade, Diganti Versi Lebih Ringan

Penempatan logo Olimpiade juga diyakini akan bertentangan dengan peraturan daerah yang melindungi bangunan bersejarah.

“Idenya adalah untuk mengabadikan kejadian yang dialami di Paris,” Rabandan, yang juga terlibat dalam olahraga, mengatakan kepada kantor berita AFP.

“Olimpiade juga merupakan simbol perdamaian, persaudaraan, dan apa yang bisa kami katakan, Olimpiade Paris akan menandai sejarah kota ini dan mungkin sejarah pergerakan Olimpiade,” tambahnya.

Menurut Rabadan, logo Olimpiade tidak mengubah arsitektur menara berusia 135 tahun itu, seperti penambahan antena telekomunikasi baru di puncaknya pada 2022.

“Kami tidak menghancurkan apa pun. Kami akan menambahkan simbol kuat pada struktur ikonik dan monumen bersejarah Paris ini,” ujarnya.

Baca juga: Desainer Keluarga Menara Eiffel Tolak Rencana Pasang Logo Olimpiade Secara Permanen

Logo raksasa Olimpiade dipasang di Menara Eiffel menjelang Olimpiade Paris pada 28 Juli hingga 11 Agustus 2024, dan sejak itu menjadi latar populer untuk selfie pengunjung.

Rencana penempatan logo Olimpiade secara permanen di Menara Eiffel diumumkan Wali Kota Paris Anne Hidalgo pada Sabtu (31/8/2024).

Ia berencana mengubah logo Olimpiade saat ini ke versi yang lebih ringan agar bisa bertahan lebih lama.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) sedang meninjau pemasangan logo pengganti dan mungkin mendanai versi finalnya, kata Rabandan.

Sementara itu, muncul petisi di Change.org yang menolak penempatan permanen logo Olimpiade di Menara Eiffel yang mendapat 34.000 tanda tangan hingga Selasa sore (3/9/2024).

Baca juga: Atlet Olimpiade Wanita Pertama dari Amerika Serikat pada tahun 1900 Tidak Pernah Tahu Dia Seorang Atlet Olimpiade Lihat berita terkini dan rangkuman berita langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top