Ketahui Pemicu Kebakaran saat Mengangkut BBM pada Kabin Mobil

KLATEN, virprom.com – Bahan bakar minyak (BBM) pada mobil disimpan dalam wadah atau tangki dengan desain khusus sehingga tetap aman selama mobil melaju.

Lain halnya dengan bahan bakar yang diangkut di kabin mobil menggunakan tabung, karena menimbulkan bahaya yang besar. Selain wadah yang tidak sesuai, uap bahan bakar juga sangat mudah terbakar.

Seperti kejadian yang melibatkan mobil Avanza di Jalan Adam Malik, Kelurahan Handil Jaya, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, Kamis (23/5/2024). Kejadian ini menjadi viral setelah diunggah oleh salah satu akun Instagram @kelakuandijalan.

Baca juga: Video Avanza Terbakar, Kemungkinan Akibat Pemindahan Tabung Bahan Bakar

 

Hassan Arianta, pemilik Mandiri Auto Klaten, mengatakan bensin tidak boleh dibawa ke dalam mobil karena mudah terbakar.

“Memindahkan bahan bakar satu dua kali ke dalam mobil mungkin tidak menjadi masalah, namun jika terjadi penyalaan satu kali maka kebakaran tidak dapat dihindari karena uap bensin mudah tersulut saat terjadi kebakaran,” kata Hassan kepada Kompas. .com, Jumat (24/05/2024).

Hasan mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran adalah kebakaran, dan terjadinya kebakaran bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk kebiasaan merokok sebagian masyarakat.

Baca juga: PKC Bongkar Penyelundupan BBM dan TPPO Ilegal di Malutskyi

Kemungkinan penumpang tersebut merokok di dalam mobil saat membeli bahan bakar, bisa juga terjadi korsleting, mengingat banyak rangkaian listrik di dalam mobil, kata Hassan.

Menurut Hassan, risiko kebakaran mobil bahkan bisa menimpa pengemudi mobil jika terjadi kebocoran pada tangki atau saluran bahan bakar. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa jumlah uap bensin lebih sedikit dibandingkan saat mengangkut bensin dalam tabung.

“Desain tabungnya berbeda dengan tangki bahan bakar pabrik pada mobil, jadi kalau mobil diguncang kemungkinan besar tumpah, tumpahannya cepat menguap, sehingga uapnya standby mengisi kabin menunggu. pemicu untuk menembak,” kata Hassan.

Baca Juga: Mitos atau Fakta: Tangki Bahan Bakar Sering Kosong, Apa yang Merusak Komponen Mobil?

Hassan mengimbau konsumen untuk tidak memodifikasi rangkaian kelistrikan atau tangki bahan bakar untuk mengurangi risiko kebakaran, terutama saat mengangkut bahan bakar di dalam kendaraan. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top