2 Cara Scan KTP di HP buat Daftar Akun SCCASN pada Pendaftaran CPNS 2024

virprom.com – Bagi peserta yang ingin mengikuti rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, penting untuk mengetahui cara scan KTP. Cara pengambilan foto KTP ini sangat membantu untuk memenuhi persyaratan pendaftaran CPNS 2024.

Sebagai informasi, pendaftaran CPNS 2024 dibuka hari ini, Selasa 20 Agustus 2024 pukul 17.08.45 WIB. Saat mendaftar CPNS 2024, peserta harus membuat akun SSCASN terlebih dahulu di sscasn.bkn.go.id, sebelum bisa mendaftar formasi dan seleksi.

Baca Juga: Link Pendaftaran CPNS 2024, Cara Daftar, Cek Lineup, Jadwal dan Kelayakan, Lengkap

Wajib upload foto KTP saat mendaftar akun SSCASN CPNS 2024

Pada tahap pendaftaran akun SSCASN, peserta akan diminta mengisi data diri. Kemudian yang tak kalah penting, peserta juga wajib mengunggah foto atau scan Kartu Tanda Penduduk Tetap atau KTP yang dimilikinya. File scan KTP harus memenuhi beberapa syarat untuk diunggah, yaitu: Foto KTP harus berukuran maksimal 200 kb. Foto KTP harus dalam format JPG/JPEG.

Untuk memenuhi syarat pendaftaran CPNS 2024, pengguna perlu mengetahui cara scan KTP dengan benar dan benar. Cara scan KTP untuk daftar akun CPNS 2024 sebenarnya tidak sulit.

Pengguna dapat melakukannya langsung melalui kamera ponsel. Lalu bagaimana cara mengambil foto ID di ponsel Anda? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan dibawah ini mengenai cara scan KTP di hp untuk daftar akun SSCASN untuk daftar CPNS 2024 Cara scan KTP di hp untuk daftar CPNS 2024

Pada dasarnya cara scan KTP di HP sangatlah sederhana. Setidaknya ada dua cara pengambilan foto KTP di ponsel untuk mendaftar CPNS 2024 yang bisa dilakukan pengguna, yakni menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Tanpa aplikasi, pengguna dapat terus menggunakan kamera ponsel mereka untuk memindai ID mereka. Sedangkan jika menggunakan aplikasi tambahan, pengguna dapat menggunakan aplikasi dengan fitur pemindaian dokumen.

Penjelasan lebih detail mengenai cara scan KTP di ponsel untuk persiapan syarat pendaftaran CPNS 2024 adalah sebagai berikut: 1. Cara scan KTP di ponsel tanpa aplikasi Persiapan KTP. Buka kamera ponsel. Tetapkan ID dengan lurus. Arahkan dan dekatkan kamera ponsel ke KTP. Jika kamera fokus pada ID, ambil foto. Setelah mengambil foto tanda pengenal Anda, pangkas atau pangkas gambar tersebut. Pangkas foto agar sesuai dengan bingkai ID. Kemudian simpan foto ID yang telah dipotong. Foto KTP yang diambil dari kamera akan berformat JPEG/JPG.

2. Cara scan KTP di hp menggunakan aplikasi

Kebanyakan ponsel saat ini biasanya dilengkapi dengan aplikasi pemindaian dokumen. Misalnya jika menggunakan iPhone, pengguna bisa menggunakan aplikasi Notes yang memiliki fitur pemindaian dokumen.

Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk memindai ID untuk melengkapi persyaratan pendaftaran akun SSCASN pada proses pendaftaran CPNS 2024. Cara scan ID di ponsel melalui aplikasi jika menggunakan iPhone adalah sebagai berikut: Siapkan ID, buka. Aplikasi catatan. Kemudian buat catatan baru. Pada halaman catatan, klik ikon kamera dan pilih menu “Pindai Dokumen”. Kamera akan terbuka dan mengarah ke KTP yang sudah dipasang lurus. Kamera kemudian akan secara otomatis mendeteksi bingkai ID dan mulai memindai. Foto KTP akan otomatis terpotong sesuai bingkai. Foto ID yang diambil dengan cara ini biasanya bukan dalam format JPEG/JPG melainkan PDF. Oleh karena itu, jika foto berformat PDF, pengguna perlu mengubahnya menjadi JPEG/JPG. Cara mengkonversinya bisa dilakukan dengan situs seperti IlovePDF, SmallPDF dan lain-lain. Jika ingin memindai KTP menggunakan aplikasi lain di ponsel lain, pengguna bisa membaca cara lebih lengkap di artikel ini.

Demikian penjelasan mengenai cara scan KTP di HP dengan mudah dan cepat untuk memenuhi syarat registrasi akun SSCASN untuk pendaftaran CPNS 2024. Ingat, saat mengambil foto atau scan KTP, pastikan warnanya cukup terang.

Apabila ukuran file gambar KTP masih melebihi 200kb maka pengguna juga perlu mengompresnya. Ada banyak pilihan cara mengompres gambar. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca cara kompres foto pada artikel ini.

Ketentuan upload foto KTP saat mendaftar akun SSCASN harus dipenuhi demi kelancaran pendaftaran CPNS 2024. Pasalnya, jika foto KTP yang diunggah tidak sesuai aturan, situs sscasn.bkn.go.id. akan menolak file tersebut.

Selain foto KTP, peserta juga perlu memperhatikan beberapa hal lain dalam pendaftaran CPNS 2024 seperti cara mendaftar, syarat pendaftaran, dan jadwal. Lalu bagaimana cara mendaftar CPNS 2024?

Baca juga: Cara mengganti background foto merah secara online dengan mudah dan cepat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top