3 Cara Cek Kesehatan Baterai Macbook dengan Mudah dan Praktis

virprom.com – Pengguna mungkin perlu mengetahui beberapa petunjuk untuk memeriksa status berbagai komponen di Macbook mereka. Salah satu panduannya adalah cara memeriksa kesehatan baterai MacBook.

Perhatikan bahwa kesehatan baterai adalah kemampuan baterai untuk mempertahankan daya selama jangka waktu tertentu sebelum MacBook perlu diisi ulang.

Baca Juga: 3 Cara Cek RAM MacBook dengan Mudah dan Cepat

Seiring waktu, kesehatan baterai Macbook Anda dapat menurun. Jika dayanya rendah, baterai tidak akan mampu menampung energi sebanyak kapasitas awal yang dirancang, sehingga laptop akan lebih cepat terkuras, atau MacBook harus lebih sering diisi dayanya.

Pengguna sebaiknya memeriksa kesehatan baterai karena mempengaruhi kinerja MacBook. Cara Cek Kesehatan Baterai MacBook ini akan bermanfaat untuk berbagai keperluan. Misalnya jika pelanggan ingin membeli MacBook. Apalagi dalam kondisi bekas.

Sebelum membeli MacBook bekas, sebaiknya pengguna memeriksa apakah kesehatan baterainya normal atau tidak. Selain itu, cara mengecek kesehatan baterai MacBook juga berguna untuk memantau kesehatan baterai dari waktu ke waktu.

Pengguna dapat mempertimbangkan untuk mengganti baterai Macbook jika kesehatan baterai menurun secara signifikan. Dengan kegunaan tersebut, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara memeriksa kesehatan baterai MacBook.

Lantas, bagaimana cara memeriksa kesehatan baterai Macbook Anda? Jika ingin tahu lebih lanjut, simak penjelasan berikut ini tentang cara memantau kesehatan baterai Macbook dengan mudah dan praktis. Cara Memeriksa Kesehatan Baterai MacBook

Cara mengecek kesehatan baterai MacBook Anda sangat mudah. Dengan metode pengecekan kesehatan baterai MacBook ini, pengguna tidak perlu khawatir untuk menggunakan program tambahan. MacBook menyediakan fitur bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai.

Ada beberapa opsi yang bisa digunakan pengguna untuk memeriksa kesehatan baterai MacBook menggunakan fitur bawaan. Misalnya, pengguna dapat memeriksa kesehatan baterai MacBook mereka melalui bilah menu.

Kemudian, Anda dapat memeriksa kesehatan baterai MacBook Anda dengan masuk ke menu pengaturan perangkat atau preferensi sistem. Di bawah ini penjelasan lebih detail mengenai beberapa cara mengecek kesehatan baterai MacBook Anda. 1. Cara Memeriksa Kesehatan Baterai MacBook melalui Menu Bar

Cara pertama untuk memeriksa kesehatan baterai MacBook Anda adalah dari menu bar. Cara ini bisa digunakan hampir di semua versi sistem operasi Macbook atau MacOS. Berikut langkah-langkahnya: Tekan tombol Option dan klik ikon baterai di bilah menu di bagian atas layar MacBook. Pengguna kemudian dapat memeriksa status kesehatan baterai Macbook mereka.

Baca Juga: 3 Cara Sederhana dan Praktis Mengatur Kecerahan Layar MacBook 2. Bagaimana Cara Memeriksa Kesehatan Baterai MacBook Menggunakan System Preferences?

Cara lain untuk memeriksa kesehatan baterai MacBook Anda adalah melalui menu Pengaturan atau System Preferences. Metode ini dapat digunakan pada MacOS BigSur dan Macbook yang lebih baru. Berikut langkah-langkahnya: Klik logo Apple di layar beranda MacBook Anda. Kemudian, pilih menu “Preferensi Sistem”. Selanjutnya, klik menu “Baterai”, lalu pilih opsi “Baterai”. Terakhir, pengguna dapat melihat status kesehatan baterai Macbook mereka. 3. Cara Memeriksa Kesehatan Baterai MacBook Menggunakan Laporan Sistem

Ketiga, cara mengecek kesehatan baterai MacBook, Anda bisa mengecek laporan sistem. Sekadar informasi, System Reports adalah program bawaan yang memeriksa berbagai komponen perangkat keras yang terpasang di MacBook Anda, termasuk baterai. Caranya adalah sebagai berikut:

Di MacOS Monterey dan versi lebih lama, klik ikon Apple di layar Utama. Lalu, pilih menu About this Mac atau Tentang Mac ini. Kemudian klik menu “Laporan Sistem”. Setelah itu pilih opsi daya dan pengguna dapat melihat status kesehatan baterai MacBook. Laporan sistem juga akan menampilkan informasi kapasitas baterai untuk menampilkan kapasitas baterai dalam satuan mAh dan informasi siklus baterai.

MacOS Ventura dan versi lebih baru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top