Beda Arti Warna Lingkaran Hijau, Tosca, dan Biru Saat Mengecas HP Samsung

virprom.com – Pengguna smartphone Samsung Galaxy pasti sering melihat lingkaran berwarna hijau, biru kehijauan, dan biru saat mengisi daya ponselnya.

Animasi melingkar ini biasanya juga menampilkan satu atau dua ikon petir. Pengguna ponsel Samsung sering bertanya tentang arti warna animasi melingkar dan jumlah ikon petir di halaman komunitas Samsung. 

Animasi melingkar dan ikon kilat dirancang sebagai indikator pengisian daya untuk menunjukkan kecepatan pengisian daya yang berbeda.

Berdasarkan penelusuran KompasTekno, indikator pengisian daya ini digunakan Samsung pada ponsel cerdas yang menjalankan sistem antarmuka pengguna (UI) OneUI 5.0 atau lebih baru.

Baca Juga: Samsung Galaxy F05 Diluncurkan, Ponsel Terjangkau Dengan Kamera 50 MP

Samsung saat ini menawarkan tiga kecepatan pengisian daya berbeda di jajaran ponsel Samsung Galaxy-nya, 15 watt, 25 watt, dan 45 watt. Jadi, warna animasi melingkar menunjukkan tiga kecepatan pengisian daya.

Lingkaran Hijau, Gelap, dan Biru Saat melakukan pengisian daya ponsel Samsung Galaxy, berdasarkan Halaman Komunitas Samsung dan berbagai sumber, terdapat arti warna sebagai berikut: Lingkaran Hijau dan Logo Petir: Pengisian Cepat (15 Watt) Ini menandakan bahwa ponsel sedang mengisi daya . Pada 15 watt. Ponsel dengan baterai 5000 mAh membutuhkan waktu 2 jam 30 menit untuk terisi penuh dari 0 hingga 100 persen. Lingkaran pirus dan logo dua petir: Pengisian daya super cepat (25 watt) Baterai 5000 mAh yang mendukung pengisian daya 25 watt dapat terisi penuh dalam waktu 80-100 menit. Logo lingkaran biru dan dua buah petir: Super Quick Charge 2.0 (45 Watt) Baterai 5000 mAh yang mendukung pengisian daya 25 Watt dapat terisi penuh dalam waktu sekitar 50-60 menit.

Kecepatan pengisian daya tergantung pada jenis model ponsel, serta adaptor dan kabel yang digunakan untuk mengisi daya.

Sebagian besar ponsel Samsung entry-level dan mid-range mendukung pengisian cepat 25W.

Sedangkan Super Fast Charging 2.0 (45W) hanya tersedia di ponsel andalan seperti Samsung Galaxy S24 Ultra, Samsung S23 Ultra dan lainnya.

Namun ada banyak skenario dimana ponsel Samsung Galaxy milik pengguna mengisi daya dalam mode 15 Watt alih-alih mengisi daya dalam mode Super Fast Charging (25 Watt) dan Super Fast Charging 2.0 (45 Watt).

Pertama, konsumen tidak perlu menggunakan adaptor (head) dan kabel pengisi daya yang menyediakan fast charging 25 Watt atau 45 Watt.

Dalam hal ini, kecepatan pengisian biasanya akan diturunkan ke versi standar, yakni 15 watt. Dengan ini, pengguna akan melihat lingkaran hijau dan logo petir saat mengisi daya.

Namun, meskipun pengguna memiliki ponsel Samsung S24 Ultra (45 Watt), jika diisi dengan adaptor 25 Watt, kecepatan pengisiannya akan tetap di 25 Watt. Dengan ini, pengguna hanya akan melihat animasi lingkaran firaun dengan dua logo petir.

Baca Juga: Headset Gaming Samsung Galaxy A55 5G dan Skin Bundle MLBB Gratis

Kedua, pengguna menonaktifkan fitur pengisian cepat di ponsel.

Secara default, Samsung telah mengaktifkan fitur pengisian cepat di smartphone-nya. Namun, fitur ini bersifat opsional dan dapat dimatikan menggunakan pengaturan.

Jadi, pengguna bisa mengecek kembali di pengaturan apakah ponsel sudah mengaktifkan fast charging atau belum.

Caranya: Menu Pengaturan > Baterai > Pengaturan Pengisian Daya > Pengisian Cepat (nyalakan). Dapatkan pilihan berita dan pembaruan dikirimkan ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top