Ilkay Guendogan Resmi Pensiun dari Timnas Jerman

virprom.com – Kapten timnas Jerman, Ilkay Guendaugen, resmi pensiun dari sepak bola internasional setelah membawa negaranya menjuarai Euro 2024 atau Piala Eropa 2024.

“Setelah beberapa minggu melakukan refleksi, saya memutuskan bahwa sudah waktunya untuk mengakhiri karier saya bersama tim nasional,” tulis Guendogan di media sosial.

Pesepakbola, yang akan berusia 34 tahun pada bulan Oktober ini, telah membuat 82 penampilan untuk Jerman sejak debutnya pada tahun 2011.

Gelandang Barcelona itu mengaku tak menyangka bisa mencapai angka tersebut saat pertama kali bergabung dengan tim senior Jerman.

Ia berkata, “Saya melihat kembali 82 pertandingan internasional dengan penuh kebanggaan, angka yang tidak pernah saya bayangkan ketika pertama kali melakukan debut bersama tim nasional pada tahun 2011.”

Baca juga: Sehar Saitores Berharap FCV Dander Bisa Bermain di Liga Champions

Pengunduran diri Gendogan mengikuti jejak Toni Kroos dan Thomas Müller yang memutuskan pensiun dari timnas Jerman.

Kroos pensiun setelah Euro 2024, sementara Müller mengakhiri karir internasionalnya bulan lalu.

Gundogan, yang membawa Jerman ke perempat final Euro 2024 sebelum dikalahkan juara Spanyol melalui perpanjangan waktu, mengakui kelelahan fisik dan mental menjadi alasan utama keputusannya.

“Saya merasakan kelelahan tertentu di badan dan kepala, sehingga membuat saya berpikir ulang. Dan pertandingan di level klub dan timnas akan lebih sedikit,” jelasnya.

Meski meraih hasil mengecewakan di Euro 2024, Jerman menunjukkan bahwa mereka masih menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan. 

Sebelumnya, Der Panzer terus mengalami kekecewaan di Piala Dunia karena tersingkir dari babak penyisihan grup dan kalah di babak 16 besar Euro 2020.

“Sorotan terbesar saya tentu saja adalah kehormatan besar memimpin tim sebagai kapten di Piala Eropa di negara kami musim panas lalu,” tambah Guendogan.

Gendogan memenangkan lima gelar Liga Premier dan Liga Champions dalam tujuh musim bersama Manchester City sebelum pindah ke Barcelona tahun lalu.

Meski kini sudah pensiun dari timnas, ia merupakan pendukung setia tim Jerman dan berharap tren positif tim bisa terus berlanjut hingga menjadi salah satu tantangan utama di Piala Dunia 2026.

“Kami memiliki pelatih yang luar biasa, tim yang sangat kuat, dan semangat tim yang hebat,” kata Guendogan.

Gendogan melakukan debutnya untuk Jerman melawan Belgia pada Oktober 2011, namun sayangnya melewatkan Piala Dunia 2014 karena cedera punggung dan Euro 2016 karena cedera lutut.

Ia menjadi pemain Jerman keturunan Turki pertama yang menjadi kapten timnas dan tampil di empat turnamen besar.

Pelatih timnas Jerman Julian Nagelsmann memberikan penghormatan kepada Gendogan dan menyatakan keinginannya untuk terus bekerja sama dengan sang kapten.

“Elki adalah kapten luar biasa yang saya ingin terus bekerja bersamanya,” kata Nagelsmann. Pintu ke timnas tidak pernah tertutup sepenuhnya, namun kami menghormati keputusannya dan mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan, baik secara profesional maupun pribadi, jelasnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top