Debat Pilpres AS 2024: Beda Pandangan Harris dan Trump soal Perang Israel-Hamas

PHILADELPHIA, KOMPAS.cpm – Kamala Harris dan Donald Trump membahas perang Israel-Hamas dalam debat pemilihan presiden AS 2024 yang digelar di Philadelphia pada Selasa malam (9 Oktober 2024) waktu setempat.

Ketika ditanya oleh moderator bagaimana Harris akan menyelesaikan konflik antara Israel dan Hamas, dia mengatakan dunia perlu “memetakan jalan” untuk “solusi dua negara.” 

“Yang kami tahu adalah perang ini harus segera diakhiri, dan cara menghentikannya adalah gencatan senjata dan pembebasan sandera.” Jadi kami akan terus mengerjakan ini sepanjang waktu,” kata Harris dalam debat yang disiarkan langsung oleh ABC News.

Baca selengkapnya: Debat Capres AS 2024: Kamala Harris Kritik Larangan Aborsi Trump

Setelah Harris bersuara mendukung solusi dua negara dalam konflik Palestina Stein – Israel, Trump mengelak ketika ditanya mengenai hal ini.

Dia tidak menjelaskan secara spesifik apa yang harus dilakukan untuk mengakhiri perang yang dimulai pada Oktober 2023 tersebut.

Trump hanya mengulangi pernyataannya bahwa Harris dan Partai Demokrat membenci Israel dan tidak akan ada konflik di bawah pemerintahannya.

“Saya akan melakukannya dengan cepat, dan saya akan melakukannya dengan Ukraina dan Rusia jika saya terpilih sebagai presiden. “Saya akan menyelesaikannya sebelum saya menjadi presiden,” kata Trump.

Ketika diberi kesempatan untuk memberikan tanggapan, Harris mengatakan bahwa tidak benar dia membenci Israel. 

Baca selengkapnya: Anehnya, Trump dan Harris berjabat tangan jelang debat capres AS 2024. Debat pertama antara Trump dan Harris berlangsung hari ini. Apa aturannya?  Siapa yang unggul dalam pemilu AS: Harris atau Trump?

“Dia (Trump_) sekali lagi mencoba memecah belah dan mengalihkan perhatian dari kenyataan,” kata Harris, menyebut Trump “lemah dan salah” dalam kebijakan luar negeri. 

 

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita yang ingin Anda akses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top