Minta Gus Choi Tak Obok-obok PKB, Hanif Dhakiri: Uruslah Partai Sendiri

JAKARTA, virprom.com – Wakil Presiden Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hanif Dhakiri meminta Ketua DPP Partai Nasdem Effendi Choirie alias Gus Choi tidak mencampuri urusan PKB.

Hanif mengingatkan, Gus Choi adalah anggota Partai Nasdem. Oleh karena itu, tidak etis baginya untuk ikut campur dalam konflik yang dialami pihak lain, PKB.

“Mas Effendi Choiri Ketua Partai Nasdem Mbok, jagalah partaimu. Mengapa Anda mengganggu PKB seperti itu? Hal ini dapat merusak hubungan kedua belah pihak,” kata Hanif, Kamis (8/8/2024).

Hanif juga mengancam akan melaporkan Gus Choi ke Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh jika terus mengganggu PKB.

Baca Juga: Gus Choi Sebut PBNU Berhak Amandemen PKB Karena Ada Ikatan Sejarah

Ia khawatir tindakan Gus Choi dapat merusak hubungan kedua partai, dalam hal ini PKB dan Nasdem.

“Nanti kami akan laporkan hal ini kepada Bang Sergio Paloh selaku Ketua Nasdem. Supaya dia bisa menghadapi putusan partai,” ujarnya.

Meski demikian, Hanif mengamini pernyataan Gus Choi yang menyebut PKB dan Nahdlatul Ulama (NU) tidak memiliki hubungan struktural.

Ia mengatakan, PKB dan PBNU sangat berbeda. Dalam hal ini ketika melihat batasan hukum mereka.

“PKB adalah partai politik yang diatur dalam UU Parpol. NU adalah ormas yang diatur dalam UU Ormas. Masing-masing pihak berdaulat, punya AD/ART masing-masing. dan mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing,” kata Gus Choi.

Baca Juga: Gus Choi: Kalau Gus Dur Tak Setuju, PKB Tak Akan Ada.

“Jadi jangan saling ganggu, jangan saling kejar-kejaran, harus saling menghargai. Kalau ada yang bingung, itu ilegal, itu juga wakil presiden kita dan salah satunya pendiri PKB,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Gus Choi mengumumkan PKB tidak akan ada dan akan sebesar sekarang. Tanpa dukungan Nahdlatul Ulama (NU)

Pengumuman ini disampaikan setelah Pansus PBNU memanggil Gus Choi terkait perselisihan PBNU dan PKB.

Gus Choi juga mengutip pernyataan presiden keempat RI sekaligus pendiri PKB Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang menyebut Muhaimin Iskandar yang kini menjabat Ketua Umum PKB sudah saatnya mencuri PKB.

Tahukah Anda, yang mengatakan itu bukan saya, tapi Gus Dur, kata Gus Choi saat jumpa pers di kantor PBNU Jakarta Pusat, kemarin.

“Kalau Gus Dur bilang itu 100 persen kehendak Tuhan,” ucapnya. Simak berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran baru yang ingin Anda gabung Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top