Merayakan 75 Tahun Persahabatan Indonesia-Yunani lewat Pameran Seni…

ATHENS, virprom.com – Dalam rangka memperingati 75 tahun hubungan Indonesia-Yunani, KBRI Athena menghadirkan kolaborasi seni unik seniman kontemporer muda kedua negara.

Tujuan dari pertukaran kreatif ini tidak hanya untuk menyoroti eratnya hubungan antar negara, namun juga untuk menampilkan dialog budaya dinamis yang terus berkembang melalui seni.

“Seni merupakan media untuk mengekspresikan budaya Indonesia kontemporer yang kaya, beragam dan terus berkembang, namun juga mencerminkan eratnya persahabatan yang terjalin antara Indonesia dan Yunani selama 75 tahun terakhir.” Bebeb A.K. Nugraha Djunjuna dalam keterangan tertulis yang diterima virprom.com dari KBRI Athena, Jumat (20 September 2024).

Baca juga: KBRI Athena Benarkan Korban Tewas Pesawat di Yunani adalah WNI, Begini Ceritanya

Ia berharap kerja sama ini dapat menginspirasi hubungan budaya yang langgeng dan memperkuat pemahaman yang lebih mendalam antara masyarakat Indonesia dan Yunani. Seorang seniman muda Indonesia

Bagian penting dari kerja sama ini adalah peluncuran karya seni kolaborasi sebagai hadiah istimewa masyarakat Indonesia kepada masyarakat Yunani sebagai simbol persahabatan abadi kedua negara.

KBRI Athena mengundang Naufal Abshari, salah satu seniman muda kontemporer Indonesia yang paling berbakat, untuk berkolaborasi dalam inisiatif ini.

Lahir di Bandung pada tahun 1993, Naufal telah menampilkan karyanya di beberapa pameran bergengsi dunia.

Pendekatan inovatif Naufal membuatnya dikenal sebagai salah satu seniman muda paling dicari di Indonesia, yang dikenal karena kemampuannya memadukan humor dan tema-tema yang menggugah pikiran dalam karyanya.

“Kolaborasi ini menyatukan ekspresi kontemporer dinamis seniman Indonesia dan Yunani serta menjembatani jarak geografis untuk mengeksplorasi kesamaan tema dan dialog budaya,” jelas Naufal tentang proyek kolaborasi tersebut.

Baca juga: Ingin Liburan ke Eropa? Athena menjadi kota termurah dengan harga Rp 3,5 juta

“Dengan menyatukan visi-visi kreatif, kami berharap dapat memancing pemikiran, menginspirasi kreativitas, dan menantang gagasan tentang batas-batas budaya. Ini adalah kesempatan untuk melibatkan khalayak global dan menampilkan keindahan dialog artistik yang melampaui benua dan generasi,” tambahnya. Seniman kontemporer Yunani

Dua seniman kontemporer Yunani, Caroline de Souza dan Pavlina Bekarakis, juga ikut serta dalam kolaborasi tersebut.

Dikenal karena gaya artistiknya yang unik dan pengalamannya dalam inisiatif pertukaran budaya, kedua seniman ini bersemangat untuk membawa perspektif mereka ke dalam perpaduan unik antara seni Indonesia dan Yunani.

Mereka berharap dengan berpartisipasi dalam kerja sama ini tidak hanya mempererat hubungan kedua negara, tetapi juga memperkaya pertukaran budaya antara Indonesia dan Yunani.

Hasil dialog antarbudaya tersebut akan dipamerkan dalam pameran seni khusus di Michael Kakoyannis Foundation di Athena selama tiga hari saja, 1-3 Oktober 2024.

Pameran dibuka setiap hari pukul 18.00 dan terbuka untuk semua orang.

Baca juga: Kebakaran Hutan di Dekat Athena Hancurkan Rumah Warga

Pengunjung akan berkesempatan melihat bagaimana karya seni kolaboratif ini mewujudkan semangat persahabatan, cerita, dan ekspresi seni bersama antara Indonesia dan Yunani, sehingga mempererat kerja sama dan hubungan kedua negara.

Selain lukisan kontemporer, pameran ini juga menampilkan karya seni kayu tradisional Bali yang luar biasa dari pohon zaitun Yunani.

Karya seni ini merupakan hasil kolaborasi khusus antara KBRI Athena dan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, dengan dukungan dua seniman terbaik Bali, I Made Nyoman Sumantra dan I Made Nyoman Suparta. Dari Athena. Terwujud berkat sponsor dari Fine Arts (ASFA) dan Theon Sensors S.A.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top