3 Cara Cek Versi Windows 32-bit atau 64-bit dengan Mudah dan Cepat

virprom.com – Ada beberapa panduan yang mungkin perlu diketahui pengguna untuk mengecek spesifikasi laptop atau PC berbasis Windows. Salah satu panduannya adalah cara memeriksa apakah Anda memiliki Windows versi 32-bit atau 64-bit.

Sebagai referensi, sistem operasi Windows yang umum digunakan saat ini antara lain Windows 10 dan Windows 11 yang memiliki dua versi sesuai arsitektur pemrosesan datanya, yaitu Windows 32-bit dan Windows 64-bit.

Baca Juga: 5 Cara Cek Spek Laptop Windows dengan Mudah dan Cepat

Istilah 32-bit atau 64-bit mengacu pada arsitektur pemrosesan data sekaligus. Sistem operasi versi 32-bit dapat memproses data sepanjang 32 bit dalam satu waktu. Pada saat yang sama, arsitektur 64-bit dapat menangani data 64-bit sekaligus.

Karena lebih banyak data yang dapat diproses, sistem operasi 64-bit dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, yang berguna untuk multitasking. Setiap laptop atau PC mungkin memiliki versi Windows yang berbeda yang diinstal dan pengguna perlu memeriksanya.

Cara melihat bit laptop windows ini berguna untuk berbagai keperluan seperti menginstal aplikasi. Setiap aplikasi biasanya memiliki beberapa spesifikasi minimum yang dapat diinstalnya, termasuk spesifikasi versi bit Windows.

Untuk kelancaran instalasi, pengguna perlu memastikan bahwa laptop mereka menjalankan beberapa versi Windows. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara mengecek Windows versi 32-bit atau 64-bit.

Lantas, bagaimana cara melihat Windows versi 32-bit atau 64-bit di laptop atau PC Anda? Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, berikut petunjuk cara memeriksa versi Windows Anda dengan cepat dan mudah. Bagaimana cara memeriksa apakah Anda memiliki Windows versi 32-bit atau 64-bit

Cara cek Windows versi 32-bit atau 64-bit pada dasarnya sederhana. Pengguna tidak perlu repot menggunakan aplikasi lain saat melihat bit di laptop Windows. Informasi versi bit Windows dapat langsung diperiksa menggunakan fungsionalitas bawaan.

Baca Juga: 5 Cara Mudah dan Praktis Menampilkan Keyboard di Layar Laptop Windows

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah Anda memiliki Windows versi 32-bit atau 64-bit. Penjelasan lebih detail mengenai beberapa cara cek Windows versi 32 bit atau 64 bit adalah sebagai berikut: 1. Cara cek bit laptop Windows melalui menu setting

Cara mengontrol bit-bit laptop Windows yang pertama adalah melalui menu setting. Pada menu ini, pengguna dapat mengetahui informasi versi bit Windows, apakah menggunakan 32-bit atau 64-bit. Caranya: Klik logo Windows atau menu Start, lalu pilih menu Setting. Setelah itu, pilih menu Sistem dan klik opsi Tentang. Di bagian “Jenis Sistem”, pengguna dapat melihat versi bit Windows. Jika tertulis “64-bit operating system” berarti laptop atau PC tersebut menggunakan Windows 64-bit. Jika tertulis “sistem operasi 32-bit”, berarti laptop menggunakan Windows 32-bit.

2. Cara mengecek Windows versi 32-bit atau 64-bit melalui informasi sistem

Kedua, cara mengecek Windows versi 32-bit atau 64-bit dapat dilakukan melalui sistem informasi. Pada sistem informasi, pengguna dapat melihat spesifikasi lengkap laptop atau PC Windows miliknya, termasuk versi bit yang digunakan. Caranya: Klik bilah pencarian di menu Start pada laptop Windows Anda. Kemudian masukkan informasi sistem pada kolom. Jika muncul hasil pencarian, pilih program System Information. Setelah itu, pada bagian “System type” akan disajikan informasi versi bit Windows.

3. Cara melihat Bits Laptop Windows dengan Dxdiag

Cara ketiga untuk melihat bit di laptop Windows Anda adalah melalui program Dxdiag. Program ini sebenarnya digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang perangkat untuk memecahkan beberapa masalah.

Di Dxdiag, pengguna dapat melihat beberapa informasi mengenai spesifikasi laptop, termasuk informasi versi bit Windows. Berikut cara mengecek Windows versi 32-bit atau 64-bit dengan Dxdiag: Klik kolom pencarian pada menu Start di laptop Windows Anda. Lalu, ketikkan Dxdiag pada kolom tersebut. Jika muncul hasil pencarian, pilih program Dxdiag. Setelah itu, pada bagian “Sistem Operasi”, pengguna dapat melihat informasi mengenai versi Windows.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengatur Kecerahan Layar di Laptop dan PC Windows

Sederhana bukan, bagaimana cara mengecek versi Windows? Melalui cara di atas, pengguna dapat melihat sendiri apakah laptop atau PC-nya menggunakan Windows versi 32-bit atau 64-bit.

Dengan cara ini, pengguna dapat menyesuaikan persyaratan minimum versi sistem operasi Windows yang diperlukan untuk menginstal aplikasi. Berikut ini petunjuk cara mengecek Windows dengan mudah dan cepat apakah Anda memiliki Windows versi 32-bit atau 64-bit, semoga bermanfaat.

Dapatkan pembaruan harian tentang berita teknologi dan gadget pilihan. Ayo gabung di channel WhatsApp KompasTekno. Untuk melakukan ini, klik tautan https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus menginstal aplikasi WhatsApp terlebih dahulu di ponsel Anda. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top