Penyebab Oli Mesin Mobil Harus Lebih Cepat Diganti

KLATEN, virprom.com – Salah satu cara melakukan perawatan mobil adalah dengan mengganti oli mesin secara berkala, sesuai interval yang dianjurkan oleh bengkel.

Namun penggantian oli mesin bisa dilakukan lebih cepat, karena kualitasnya cepat turun. Jadi apa alasannya?

Hasan Ariyanto, pemilik Mandiri Auto Klaten, mengatakan jeda penggantian oli mesin mobil mungkin lebih lama dari biasanya karena mobil terbiasa dikendarai terlalu banyak atau putaran mesin tinggi.

Baca juga: Jangan mengganti oli mesin menggunakan udara bertekanan

Misalnya saja oli mesin yang biasa kita ganti setiap 5.000 km, karena mobil sering digunakan untuk mengangkut beban berat seperti derek, membawa barang, dan lain-lain, sehingga kualitas oli cepat menurun, kata Hassan kepada Kompas. com baru-baru ini.

Menurut Hassan, putaran mesin yang tinggi menambah beban oli mesin untuk melindungi komponen. Kontaminan menumpuk dengan cepat saat mesin berputar lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.

“Pada mobil yang sering terjebak kemacetan juga dapat mempengaruhi umur oli mesin. Kondisi macet akan membuat mesin tetap hidup meski jarak tempuh pendek, sehingga penggantian oli tidak dilakukan setiap 5.000 km, melainkan lebih rutin,” dia kata Hassan

Baca Juga: Bisakah Motuba Menggunakan Oli Motor Berkualitas Tinggi?

Ibrohim, Mandor Nissan Bintaro mengatakan, penggantian oli mesin bisa diperbaiki karena mobil yang bekerja membutuhkan perlindungan khusus.

Sesuai buku manual pemilik kendaraan, penggantian oli mesin dari 10.000 km menjadi 5.000 km, ada aturan khusus jika mobil dikendarai di medan kasar, kata Ibrohim kepada virprom.com, baru-baru ini.

Ibrahim mengatakan, kondisi lingkungan perkotaan dan pedesaan juga bisa dikatakan masuk dalam peraturan khusus tersebut, sehingga penggantian oli mesin bisa lebih diperhatikan.

Baca juga: Oli Mesin Cocok untuk Mobil Di Atas 5 Tahun

Kondisi khusus tersebut antara lain kendaraan jarak pendek yang suhu oli jarang mencapai suhu operasi normal, kondisi jalan yang padat juga membuat mesin meregang, belum lagi kondisi berdebu, dan oli mesin cepat kotor, kata Ibrahim.

Oleh karena itu, bagi konsumen yang terbiasa mengendarai mobil dalam kondisi di atas sebaiknya lebih memperhatikan saat mengganti oli mesin, karena kualitasnya dapat dengan cepat menurun. Pilihan berita kami langsung dari ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top