DPP PKB Klaim Tak Punya Janji untuk Usung Anies pada Pilkada Jakarta 2024

JAKARTA, Kompass.com – Wakil Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengaku belum punya janji khusus untuk memilih Anees Baswedan di Pemilihan Presiden Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

Ia mengatakan, ide pengangkatan Annies awalnya hanya datang dari Pemkab PKB.

“Tidak ada janji (memboyong Annies ke Jakarta), (tapi) ada harapan dari Pemerintah Daerah (DPW) PKB DKI,” kata Jazilul di DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2024).

Baca juga: Soal Pilkada DKI, PKB Sebut Banyak Kemiripan dengan Garindra

Jazilul mengaku sejauh ini PKB belum memilih sosok khusus untuk Pilkada DKI Jakarta. Ia mengatakan, pihaknya akan memantau perkembangan lebih lanjut karena saat ini belum ada kesepakatan khusus yang dicapai.

“Paten itu kesatuan kelompok mana pun, yang jadi kompetitor. Belum sampai saat ini. Kalau ada, kita senang dengan itu, yang harus kita ukur. Itu,” ujarnya.

Menurut Jazilul, pemilihan calon tidak bisa dirundingkan dengan DPW PKB DKI Jakarta, tidak ada persoalan seperti itu.

Namun, jika ada calon yang terpilih, termasuk Anise Basweden, maka proses debat akan didahulukan.

“Kemudian akan terjadi adu argumen, apa usulan DPW atau DPC, apa argumennya, DPP punya argumen lain, jadi masih bisa dirundingkan. Sejauh ini tidak ada konflik antara DPW, DPC dan DPP. Semuanya berjalan lancar,” jelasnya.

Baca Juga: Kesempatan Terakhir Dharma-kun Maju Pilkada Jakarta, Hasil Tersahkan Akan Diumumkan 19 Agustus 2024

Di sisi lain, Jazilul mengakui Pilkada Jakarta PKB memiliki banyak kemiripan dengan Garindra.

PKB akan berdiri untuk berdiskusi dan duduk bersama serta berkampanye untuk memutuskan aliansi dan calon gubernur dan wakil gubernur.

“Saat ini kita sedang mencari titik temu (dengan KIM di Pilkada Jakarta). Dan persamaannya hampir terlalu banyak. Tapi apakah ini akhir? Belum,” jelasnya.

Sebagai informasi, PKB digadang-gadang akan mendukung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta.

Sementara KIM yang mengusung Prabowo Subiano dan Gibran Rakabuming Raka pada Pemilihan Presiden (Pilpress) 2024 disebut-sebut sepakat mencalonkan Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

Baca Juga: Pencalonan Dharam-Kun di Pilkada Jakarta Merdeka berakhir hari ini

KIM juga meminta partai politik lain yang sebelumnya berencana memilih Anees Baswedan untuk mendukung Ridwan Kamil pada Pilkada 2024.

Kelompok Kebangkitan Bangsa (PKB), misalnya, dengan antusias menerima ajakan bergabung dengan KIM Plus dan mendukung Ridwan Kamil.

Begitu pula dengan Persatuan Jaminan Sosial (PKS) yang diminta diundang bergabung dengan Kim Plus.

Jika KIM Plus benar-benar punya substansi dan setuju dengan cara mendukung Ridwan Kamil, Anise Basvedan terancam tak bisa maju di Pilkada 2024 karena tak ada partai politik yang mencalonkan diri. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top