Pilot Susi Air Dibebaskan, Jokowi: Ini Proses Negosiasi yang Sangat Panjang

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan pembebasan pilot Suzi Air Philip Mark Mehrtens dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) merupakan proses negosiasi yang panjang.

Ya, proses perundingannya sangat panjang dan kita sabar untuk tidak melakukan tindakan opresif sehingga kita utamakan keselamatan para pilot yang disandera, kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (21/20). 9/2024).

Pada saat yang sama, dia tidak menjelaskan diplomasi apa yang dilakukan pemerintah dalam upaya pembebasan Philip. 

Ya tidak perlu diumumkan, sudah ada proses negosiasi,” ujarnya.

Baca Juga: Pilot Suzi Air Dibebaskan, Suzi Pudjia Dipuji: Terima Kasih Pak Jokowi, Pak Prabowo, TNI-Polri

Kepala Negara mengatakan, proses panjang yang dilakukan TNI-POLRI untuk melepaskan pilot tersebut sangat baik. Ia pun mengucapkan terima kasih atas kerja aparat keamanan atas keberhasilan ini.

Usai dibebaskan, Jokowi mengatakan pilot Suzi Air akan dibawa terlebih dahulu ke rumah sakit di Yaguru, salah satu desa di Dataran Tinggi Papua di Negara Bagian Nduga, Distrik Mebarok.

“Setelah itu akan diterbangkan untuk memeriksakan kesehatannya,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, seluruh operasi di Papua harus didampingi aparat keamanan.

Hal yang sama berlaku untuk proyek pembangunan jalan, jembatan atau peralatan.

“Pilot yang membawa logistik dari Nduga ke Wamena hingga ke atas agar dikawal TNI-Polri untuk perlindungan, pembangunan jembatan harus diawasi aparat keamanan dan pertahanan agar lancar,” jelasnya.

Philip Mark Mehrtens sebelumnya disandera selama 19 bulan sejak 7 Februari 2023. Philip disandera setelah pesawat mendarat di wilayah Paro Nduga, dataran tinggi Papua.

KKB melepas pilot tersebut dari Selandia Baru setelah melakukan perundingan panjang dengan tim gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Penjaga Perdamaian Cartenz 2024.

Brigjen Faisal Ramadhani, Kepala Operasi Perdamaian Kartensen, menegaskan, pembebasan tersebut tidak dilakukan dengan cara militer, melainkan melalui cara ringan melalui tokoh agama, gereja, dan adat serta keluarga dekat Aegianus Kogoya.

Baca Juga: Suzy Air Pilot Dibebaskan, Suzy Pudge Credits: Alhamdulillah Terima Kasih…

Cara ini diperlukan untuk mengurangi risiko dari pihak berwenang dan organisasi sipil serta menjaga keselamatan pilot, kata Faisal dalam keterangannya yang ditulis, Sabtu (21/9/2024).

Setelah melalui beberapa uji coba, hari ini Philip dijemput oleh tim Satgas Perdamaian Kartens.

Ketua Satgas Hubungan Damai KBP Kartens 2024 dr Bayu Suseno menjelaskan, Philip ditangkap kelompok di Desa Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga.

Usai dijemput, Philip langsung dibawa ke Mako Brimob Yonif B/Tmika.

“Iya benar, hari ini kami berhasil menjemput Pilot Philip dalam keadaan sehat, pilot kami terbang dari Nduga langsung ke Timika,” kata Bayu. Dengarkan berita terkini penting dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top