Restrukturisasi, Bisnis Chip Intel Jadi Perusahaan Terpisah

virprom.com – CEO Intel Pete Gelsinger mengumumkan perubahan besar pada bisnis chip Intel yang kini beroperasi sebagai anak perusahaan independen.

Reorganisasi ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi dan menetapkan batasan yang jelas antara bisnis chip inti Intel dan divisi lain, khususnya pelanggan dan pemasok asing.

Menurut Gelsinger, pembentukan bisnis chip sebagai perusahaan menawarkan beberapa keuntungan, antara lain fleksibilitas memperoleh pembiayaan mandiri dan optimalisasi struktur permodalan.

Baca Juga: Intel dan Amazon bekerja sama mengembangkan chip untuk kecerdasan buatan

“Langkah ini memaksimalkan pertumbuhan dan menciptakan nilai bagi pemegang saham,” kata Gelsinger seperti dikutip KompasTekno, perusahaan tersebut adalah Intel pada Sabtu (21/9/2024).

Sehubungan dengan restrukturisasi tersebut, Intel memutuskan untuk menghentikan sementara pembangunan dua pabrik chip, satu di Polandia dan satu lagi di Jerman.

Kedua proyek tersebut telah tertunda setidaknya selama dua tahun. Intel juga menyatakan berkomitmen menutup pabrik pengemasan di Malaysia. Kolaborasi dengan AWS

Selain itu, Intel mengumumkan kemitraan baru dengan Amazon Web Services (AWS). Sebagai bagian dari kemitraan ini, Intel akan memproduksi “chip fabric AI” khusus untuk AWS, yang menggarisbawahi komitmen perusahaan untuk memperluas portofolio chip x86-nya.

Gelsinger mencatat bahwa fokus Intel adalah memperkuat waralaba arsitektur x86, yang melayani spektrum pasar yang luas mulai dari perangkat klien hingga komputasi dan pusat data.

Baca juga: AMD dan Intel Bertarung Kembangkan Chip untuk PS6, Siapa Menang?

Perusahaan berencana untuk menawarkan lebih banyak chip khusus dan solusi khusus, sebagaimana dibuktikan dengan kemitraannya dengan AWS.

Sebagai bagian dari langkah-langkah pemotongan biaya yang sedang berlangsung, Intel mengonfirmasi bahwa mereka telah menyelesaikan lebih dari setengah rencana yang diumumkan sebelumnya untuk memangkas 15.000 pekerjaan.

Pemangkasan tersebut, yang dilakukan melalui PHK dan program pensiun dini, akan selesai pada akhir Oktober.

Langkah strategis ini dilakukan ketika Intel berupaya menavigasi pasar semikonduktor yang menantang, memposisikan dirinya untuk pertumbuhan jangka panjang dan inovasi dalam AI dan solusi pemrosesan data. Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top