YouTube Rilis Communities, Fitur Mirip Forum untuk Interaksi dengan Penonton

virprom.com – YouTube meluncurkan fitur baru bernama Komunitas. Fitur tersebut diunggah dalam acara Made on YouTube pada Rabu (18/9/2024) waktu AS.

Fitur ini dirilis untuk memberikan platform yang lebih luas bagi artis untuk berinteraksi dengan penggemarnya. 

Fitur ini dimaksudkan untuk mengurangi ketergantungan pengguna pada platform lain seperti forum Discord, WhatsApp, Instagram, atau Reddit, untuk berkomunikasi dengan audiensnya.

“Kami menggunakan fitur-fitur umum seperti preferensi, perasaan, dan alat untuk mitigasi. 

Baca selengkapnya: YouTube Shopping Tersedia di Indonesia, Kreator bisa menampilkan produk layaknya forum, berbeda dengan komunitas sebelumnya

Komunitas atau komunitas jenis ini dirancang seperti forum, seperti grup Reddit atau Facebook. 

Kreator yang memiliki fitur ini membuka jalan bagi para penggemarnya untuk mengunggah konten di komunitas kreator dan saling berinteraksi. Selain itu, terdapat area khusus bagi pengguna untuk berbagi unggahan baik berupa teks, gambar, atau media lainnya.

YouTube sendiri memiliki aspek sosial. Sebaliknya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan konten. Kini, di versi barunya ini, para penggemar yang tergabung dalam komunitas tersebut bisa mengunggah konten untuk mengundang interaksi. 

Komunitas versi baru ini menawarkan fitur baru untuk interaksi. Hal ini sejalan dengan upaya YouTube dalam membangun hubungan antara kreator dan penggemar.

Baca selengkapnya: Membuat video pendek YouTube lebih mudah, dengan bantuan AI

Bagi para kreator, YouTube juga telah menyiapkan sistem AI untuk membantu memilih ide-ide paling penting untuk ditanggapi. Alhasil, produser bisa merespons penggemar.

Namun model baru ini menimbulkan permasalahan baru, terutama pengurangan. Pemirsa dapat mengunggah konten atau postingan yang tidak pantas ke komunitas pengguna. 

Untuk mengatasi masalah ini, YouTube mengizinkan pembuat konten untuk memilih apakah mereka ingin mengizinkan fitur komunitas di saluran mereka. 

YouTube juga menyebutkan akan ada fitur komunitas di lebih banyak saluran pada tahun depan, yang dihimpun KompasTekno dari laman resmi YouTube, Jumat (20/9/2024). Dengarkan berita dan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top