Jokowi Ungkap PLN Sudah Aliri Listrik di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengumumkan Indonesia telah resmi mengekspor jaringan listrik ke Papua Nugini dengan beroperasinya jaringan listrik di perbatasan Skau, Papua, dan Desa Wutung di Papua Nugini.

Jokowi mengatakan, pembangunan jaringan listrik Perusahaan Listrik Negara (Persero) sudah berjalan dan bisa dimulai sekarang.

Mengenai pembangunan jaringan listrik PLN di perbatasan Skau-Wutung, saya sampaikan kerja sama ini sudah dimulai hari ini dan listrik sudah dinyalakan di Wutung, kata Jokowi usai pertemuan dengan Perdana Menteri Papua Nugini James Marape. Istana Kepresidenan Bogor, Senin (15 Juli 2024).

Kepala Negara menyampaikan, Indonesia berkomitmen mendukung pembangunan Papua Nugini dan negara Pasifik lainnya.

Baca juga: Sebelum Jokowi, Papua Nugini Beri Penghormatan kepada PM Prabowo

Oleh karena itu, berbagai program dukungan telah dilaksanakan dan masih berjalan, seperti renovasi rumah sakit di Port Moresby dan pembangunan fasilitas umum di West Sepik.

Jokowi mengatakan Papua Nugini merupakan tetangga dekat dan mitra strategis Indonesia.

“Indonesia mengapresiasi dan mengharapkan dukungan PNG (Papua New Guinea) untuk memperkuat kerja sama dengan Pasifik, termasuk MSG (Melanesian Spearhead Group) dan PIF (Pacific Islands Forum),” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Perdana Menteri Marape mengatakan negaranya mengucapkan terima kasih atas listrik yang dirasakan warga Desa Wutung.

Baca Juga: Indonesia, Papua Nugini sepakati kerja sama transportasi lintas batas, pelatihan staf

Perdana Menteri Marape mengatakan listrik dari Jaipura akan memaksimalkan potensi sumber daya air dan panas bumi di sana.

“Kami juga dapat memproduksi listrik ramah lingkungan untuk diekspor ke Indonesia sehingga perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat menggunakan energi dari sumber ramah lingkungan,” kata Perdana Menteri Marape.

Sebagai informasi: Hari ini di Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi menerima kunjungan Perdana Menteri Papua Nugini, James Marap.

Pekan lalu, Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Papua Nugini. Pada tanggal 24 Mei 2024 terjadi bencana tanah longsor di Provinsi Nga, Papua Nugini. Dengarkan berita terkini dan pilih berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita pilihan Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan aplikasi WhatsApp sudah terinstall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top