Jokowi Klaim UU Cipta Kerja Jadi Faktor Utama Peningkatan Daya Saing RI

JAKARTA, virprom.com – Presiden Joko Widodo mengungkapkan undang-undang (UU) penciptaan lapangan kerja menjadi salah satu faktor utama peningkatan daya saing Indonesia.

Berdasarkan peringkat daya saing dunia Institute for Management Development (IMD) tahun 2024, peringkat daya saing Indonesia naik ke peringkat 27 dari sebelumnya peringkat 34.

“Karena adanya UU Cipta Kerja, kita mengalami kenaikan sebanyak 8 tingkat,” kata Jokowi, Senin (24/06/2024), dalam Rapat Paripurna Kabinet di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Baca juga: Kisah Suratno, Pekerja yang Khawatir Pensiunnya Berkurang Akibat UU Buka Bukaan.

Kepala Negara mengatakan, peningkatan daya saing Indonesia terutama terjadi berkat pemerintah, dunia usaha, dan kondisi perekonomian yang stabil.

Implementasi UU Cipta Kerja Baru, kata dia, termasuk dalam kategori sektor negara.

Sedangkan pada kategori dunia usaha, faktor utama yang meningkatkan daya saing sebanyak 6 tingkat adalah pekerjaan dan produktivitas.

Baca Juga: Said Iqbal Minta Prabowo Cabut UU Cipta Kerja Klaster Ketenagakerjaan

Dari sisi kategori ekonomi, inflasi dan pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan meningkat sebanyak 5 tingkat.

Masyarakat juga memberikan dukungan melalui perilaku dan budaya masyarakat dalam daya saing ini, kata Jokowi.

Meski begitu, mantan Wali Kota Solo ini mengingatkan, masih ada 4 hal terkait ketersediaan infrastruktur yang dinilai lemah dalam penilaian indeks daya saing Indonesia.

Baca juga: Akankah Buruh Menantang Aturan Tapera dan Deja Vu UU Cipta Kerja?

Keempat hal tersebut adalah kesehatan dan lingkungan hidup, pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dikatakannya, isu kesehatan dan lingkungan hidup Indonesia masih berada pada peringkat 61, pendidikan pada peringkat 57, sains pada peringkat 45, dan teknologi pada peringkat 32.

“Kesehatan ada di level 61 bersama kita, begitu juga dunia pendidikan. Ini dua hal penting yang menjadi kelemahan kita yang harus kita tingkatkan, daya saing kita yaitu kesehatan dan pendidikan, dan juga ilmu pengetahuan,” jelasnya. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top