Panser Anoa dengan Sistem Kendali Tembak Dipamerkan Saat IAF di Bali

 

JAKARTA, virprom.com – International Summit of High Level Multiparty Partnership Forum (HLP MSP) dan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 tahun 2024 di Bali memamerkan sejumlah peralatan utama sistem senjata (alutsista) produksi dalam negeri.

Salah satunya adalah panzer Anoa dengan Fire Control System atau RCWS (Remote Controlled Weapon Station) yang diproduksi oleh PT Respati Solusi Rekatama.

RCWS ini dipasang pada panzer Anoa TNI AD dan berperan dalam pengamanan KTT IAF. Teknologi ini memungkinkan penembak terlindungi di dalam senjatanya dan mampu menembak dengan akurasi tinggi dalam berbagai situasi.

Baca Juga: Polisi pastikan keamanan di KTT IAF dan HLF 2024 tidak mengganggu pergerakan masyarakat

“Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu berkontribusi aktif di bidang pertahanan dan keamanan. Hal ini juga menjadi semangat bagi kita untuk berupaya menjaga kemandirian bangsa, khususnya di bidang alutsista,” kata Direktur Jenderal PT Respati Solusi Rekatama Dhita. Yudhistira dalam keterangan resmi, Rabu (4/9/2024).

Selain Dhita, RCWS Respati merupakan hasil pengembangan bertahun-tahun dan mendapat sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 58,3 persen.

Selain RCWS, panzer Anoa produksi PT Pindad juga menjadi salah satu kebanggaan Indonesia di ajang ini.

Baca Juga: Di IAF 2024, Ketua NFA Arief Prasetyo Adi Jelaskan Peran Aktif Indonesia dalam Memperkuat Ketahanan Pangan Global

Kecuali RCWS, seluruh komponen panzer ini, dari atas hingga bawah, merupakan hasil karya anak negeri.

“Penggunaan alutsista dalam negeri tidak hanya menjamin kemandirian pertahanan negara, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia,” ujarnya. Dengarkan berita terkini dan pilihan berita kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top