Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri karena Tidak Fotogenik

virprom.com – Di era jejaring sosial sekarang ini, memiliki citra diri yang menarik sangatlah penting. Inilah sebabnya mengapa orang yang merasa tidak fotogenik atau tidak menarik saat difoto menjadi tidak percaya diri.

Perasaan negatif yang muncul dari gambar tersebut sebenarnya tidak diperlukan.

Sebuah ilustrasi menarik dibagikan oleh dokter kulit dr. Samantha Ellis dalam postingan Instagramnya.

Dia berkata: “Bayangkan matahari terbenam terindah yang pernah kita lihat. Lalu kita mengambil foto matahari terbenam dan ketika kita melihat hasilnya kita tidak bisa menggambarkan betapa indahnya itu. Kamu adalah matahari terbenam, kamu cantik. Tunjukkan padaku matahari terbenam Yah, itu tidak membuatnya kurang indah.

Psikiater yang berbasis di California, Elisa Martinez, mengatakan orang-orang tidak menyukai penampilan mereka di foto, terutama dengan maraknya media sosial dan tekanan untuk menunjukkan sisi terbaik dari dunia.

Baca juga: Dibalik Budaya Pamer Kemewahan di Media Sosial

“Keluhan paling umum yang saya dengar adalah ‘Saya terlihat gemuk’ atau ‘Saya terlihat tua’, perasaan yang berakar pada usia tua, fobia berat badan, dan kegelisahan,” kata psikiater yang fokus pada harga diri ini.

Beberapa keluhan juga berkaitan dengan ciri-ciri fisik tertentu, seperti hidung yang tidak terlalu mancung, perubahan warna kulit, dan lain-lain, yang menurut orang asing tidak terlalu buruk.

Menurut Martinez, ketidakpuasan kita terhadap penampilan kita di foto mungkin sebagian disebabkan oleh “efek eksposur belaka”, yang mengacu pada kecenderungan kita untuk lebih menyukai hal-hal yang lebih familiar.

“Karena kita sering bercermin, gambaran dari gambaran tersebut menjadi sangat asing sehingga bisa terjadi perbedaan besar antara cara kita memikirkan diri sendiri (berdasarkan cermin) dan cara kita menggambarkan diri sendiri,” ujarnya.

Baca Juga: Laura Basuki Jarang Posting Selfie di Media Sosial: Malu Lihat Diri Sendiri

Faktanya, kamera ponsel pintar sering kali mengubah bentuk wajah sehingga membuat bagian tertentu tampak lebih kecil atau lebih lebar dari yang sebenarnya.

Sudut kamera atau pencahayaan dapat menghasilkan gambar yang belum tentu mencerminkan gambar sebenarnya.

Seperti kata pepatah terkenal, “Keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian-bagiannya.”

“Satu gambar tidak bisa sepenuhnya menangkap kita dalam tiga dimensi, dan bentuk keseluruhan adalah hasil kombinasi seluruh fitur Anda, bukan hanya satu atau dua yang menurut Anda tidak Anda sukai,” tambahnya.

Hargai siapa Anda

Jika kita sering kecewa dengan hasil selfie atau merasa perlu menyesuaikan fitur wajah, mungkin ini saatnya membatasi waktu yang kita habiskan di media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top