Peringati Hari Alzheimer Sedunia dengan Mengenali Fakta-faktanya

virprom.com – Tanggal 21 September adalah Hari Alzheimer Sedunia.

Menurut Alzheimer’s Indonesia (Alzi), penyakit Alzheimer pertama kali dijelaskan oleh ahli saraf asal Jerman, Alois Alzheimer.

Penyakit Alzheimer adalah penyakit fisik yang mempengaruhi otak dan bersifat progresif dan bertahap seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Penyakit Alzheimer Bikin Putri Nenek Genit Lupa Mendandani Keluarganya

Penyebab penyakit Alzheimer adalah berkembangnya plak protein dan serat kusut pada struktur otak yang menyebabkan sel-sel otak mati.

Penderita penyakit Alzheimer juga mengalami kekurangan beberapa bahan kimia penting di otak.

Zat kimia ini terlibat dalam pengiriman pesan di otak.

Karena penyakit ini sedang menyebar. Kerusakan yang terjadi pada satu area otak lama kelamaan menyebabkan kerusakan yang lebih luas.

Lanjutkan membaca artikel ini untuk mengetahui lebih banyak fakta tentang penyakit Alzheimer.

Baca selengkapnya: Bagaimana seharusnya keluarga merawat penderita Alzheimer? Begini Kata Psikiater… Fakta Penyakit Alzheimer Bentuk demensia yang paling umum.

Dokter Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater sekaligus Kepala Bagian Rehabilitasi Psikososial Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ, dr H. Marzoeki Mahdi Bogor, mengatakan kepada virprom.com, Kamis (9/12/2024) bahwa penyakit Alzheimer Tor adalah bentuk Demensia yang paling umum

Angka kejadian penyakit Alzheimer adalah 50 hingga 75 persen dari seluruh kasus demensia.

Menurut Alzheimer’s Indonesia, saat ini diperkirakan terdapat 1,2 juta orang di Indonesia yang menderita demensia.

Jumlah ini akan meningkat lebih dari 300 persen menjadi 4 juta pada tahun 2050.

Sedangkan menurut Alzheimer’s Disease International (ADI), lebih dari 55 juta orang di seluruh dunia saat ini menderita demensia.

Jumlah tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 139 juta pada tahun 2050.

Oleh karena itu, di Bulan Alzheimer Sedunia ini, ADI dan Alzi ingin meningkatkan kesadaran. Menantang stigma dan diskriminasi yang masih ada terhadap penderita penyakit Alzheimer.

Baca selengkapnya: Jenis pengobatan apa yang dibutuhkan pasien Alzheimer? Ini Kata Psikiater.. Penyebab kematian ketujuh di dunia

Penderita Alzheimer Indonesia menyebutkan demensia merupakan penyebab kematian ketujuh di dunia dan setiap tiga detik seseorang mengalami kondisi tersebut.

Menurut Healthline, kematian pasien Alzheimer bisa dipengaruhi oleh kondisi kesehatan lainnya. yang biasanya menjadi lebih buruk

Penyakit jantung, kanker, penyakit pernafasan. Kejang dan kecelakaan merupakan beberapa gejala yang menyertai kematian pasien Alzheimer.

Secara global, 75 persen penderita demensia masih belum terdiagnosis, menurut ADI.

Paola Barbarino, direktur eksekutif ADI, mengatakan kesadaran masyarakat masih rendah. Stigmatisasi, misinformasi, dan diskriminasi yang terus berlanjut menghambat upaya untuk mengatasi penyakit Alzheimer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top