Paus Fransiskus: Indonesia Kepulauan yang Disatukan Jembatan Hati dan Permadani Berbenang Cinta

 

JAKARTA, virprom.com – Paus Fransiskus mengaku terkesan dengan cinta dan persaudaraan yang dilihatnya selama kunjungannya ke Indonesia.

Dalam audiensi para uskup, imam, biarawan, dan pendeta gereja di Katedral Jakarta, Rabu (4/9/2024), Paus menyoroti peran katekis Nicolai yang berusaha menjangkau semua orang dan bertindak sebagai “jembatan”. bersatu “

Baca juga: Paus Fransiskus Puji Gereja Indonesia atas Inklusivitas dan Keterbukaannya

Paus Fransiskus mengatakan hal itu mengingatkannya pada Indonesia.

“Itu menyentuh saya dan membuat saya berpikir tentang kehebatan masyarakat Indonesia yang merupakan negara kepulauan yang luas, yang terdiri dari ribuan jembatan jantung yang menghubungkan seluruh pulau,” kata Paus.

“Bahkan ada jutaan jembatan yang menghubungkan semua orang yang tinggal di sana,” ujarnya.

Paus berulang kali menekankan pentingnya “jembatan cinta” dalam mewujudkan persaudaraan. Menurut Paus asal Argentina itu, Indonesia menunjukkan nilai persaudaraan yang mendalam.

“Contoh hebat lainnya dari persaudaraan adalah permadani indah dari pelajaran cinta yang melintasi lautan, mengatasi rintangan dan merangkul semua perbedaan,” ujarnya.

Baca Juga: Dua Kali Paus Fransiskus Sebut Setan Selalu Ada di Saku Kita

Paus mengakui Indonesia juga memiliki kekayaan alam, namun mengingatkan bahwa kekayaan tersebut bisa menjadi “pedang bermata dua”.

“Sekilas, kekayaan yang melimpah ini bisa menjadi alasan arogansi dan arogansi,” kata Jorge Mario Bergoglio, nama asli.

“Tetapi jika kita memandangnya dengan pikiran terbuka, kekayaan ini dapat mengingatkan kita akan realitas kehadiran Tuhan di alam semesta dan dalam hidup kita, sebagaimana diajarkan Kitab Suci: ‘Sesungguhnya Tuhan adalah Tuhan yang memberi kita semua!’ katanya.

Baca juga: Momen Paus Fransiskus memberkati bayi berusia 4 bulan di pinggir jalan

Paus Fransiskus tidak sedetikpun menyebut bahwa tidak satupun inci dari “Indonesia yang indah ini” merupakan “anugerah dari Tuhan” dalam kehidupan jutaan masyarakat Indonesia.

“Tanda cintanya yang cuma-cuma dan abadi bagaikan seorang ayah, melihat segala yang diberikan kepada kita melalui kacamata anak-anak, membantu kita beriman, mengenali sebagai makhluk kecil dan menggemaskan, serta menjaga rasa syukur dan tanggung jawab. ” katanya. Dengarkan berita dan pembaruan terkini kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran perpesanan favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top