Kasus Barang Impor Ilegal, Bareskrim Tekankan Pentingnya Penguatan Regulasi

JAKARTA, virprom.com – Direktorat Khusus Tindak Pidana Ekonomi (DTPIDEX) memperkuat hukum dan koordinasi mencegah penyelundupan barang impor ilegal di Indonesia

Irjen Wisnu Hermawan, Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bereskrim Polri mengatakan, Bea dan Cukai, Kementerian Perdagangan, dan instansi berwenang lainnya juga harus menjaga koordinasi yang lebih baik.

Penting untuk memperkuat regulasi dan meningkatkan sistem pengawasan agar lebih efektif menangani perdagangan barang ilegal, kata Wisnu, Jumat (26/7/2024).

Baca Juga: Mendag Julhas Musnahkan Produk Impor Ilegal Senilai Rp5,3 Miliar

Polri juga mengusulkan peningkatan kerja sama antardepartemen untuk memperkuat pengawasan terhadap barang impor.

Hal ini mencakup peningkatan kapasitas pengawasan di pelabuhan dan bandara serta perbaikan prosedur pemeriksaan barang impor.

Wisnu berharap kerja sama dengan berbagai instansi bisa mencegah masuknya barang ilegal ke pasar dalam negeri.

“Kolaborasi yang lebih erat antar institusi sangat penting untuk menutup celah yang dimanfaatkan oleh penyelundup,” tambah Wisnu.

Baca Juga: Apa Tugas Satgas Impor Ilegal? Ini daftarnya

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, Polsek DTPIDX Barscream kini telah menyita 3.332 bal berisi pakaian bekas yang didatangkan secara ilegal dari berbagai tempat.

Wisnu mengungkapkan, barang haram tersebut disita dari beberapa titik antara lain 1.500 ballpress dari Kompleks Gudang Trident Point Sipadung Wetan, Bandung; 226 Ballpress dari Tol Jakarta-Sikampek KM 34 Sikarang Bekasi II; dan 1.606 ballpress dari KPU Bea dan Cukai Tanjung Prek.

“Dalam operasi ini, kami mengetahui ada pelaku kejahatan yang menggunakan jalur tidak resmi seperti cara porting dan serah terima di bandara untuk mengimpor barang ilegal,” jelas Wisnu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top