Pertamax Green 95 dan Pertamax Turbo, Mana Lebih Ramah Lingkungan?

JAKARTA, virprom.com – Pemerintah dan Pertamina mendukung penggunaan Pertamax Green 95. Namun menurut sebagian masyarakat, lebih baik menggunakan Pertamax Turbo.

Sekadar informasi, Pertamax Green 95 saat ini dijual di wilayah Jabodetabek dengan harga Rp 13.900. Saat ini Pertamax Turbo mulai Juli 2024 dibanderol 14.400. Pertamax Green 95 memiliki angka oktan RON 95 dan Pertamax Turbo RON 98.

Baca juga: Pertamina targetkan 100x SPBU Green 95 pada tahun 2024

Perbedaan lainnya adalah bahan bakunya. Pertamax Green 95 merupakan perpaduan bahan bakar fosil dan bioetanol yang merupakan biofuel. Sedangkan Pertamax Turbo merupakan bahan bakar fosil.

Karena perbedaannya yang sangat tipis ini, ada yang lebih memilih Pertamax Turbo. Minyak jenis ini dianggap memiliki kualitas yang lebih tinggi.

Prof. Dr. Ing. Ir. Iman Kartolaksono Sekwardojo, M.Eng., Guru Besar Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pertamina, mengatakan emisi terbagi menjadi tiga jenis, yaitu global, lokal, dan regional.

Baca juga: Untuk membatasi pembelian bahan bakar, yang lebih penting adalah berubah pikiran

“Emisi CO2 berdampak negatif terhadap dunia sehingga menyebabkan terjadinya pemanasan global, bahan bakar bioetanol memiliki emisi CO2 yang lebih rendah dibandingkan bahan bakar fosil sehingga dapat dikatakan sebagai ‘Zero Net CO2’,” kata Iman saat dihubungi virprom.com belum lama ini. .

Emisi lokal berasal dari belerang pada bahan bakar fosil. Emisi udara yang mengandung belerang dapat menimbulkan hujan asam yang dapat merusak lingkungan di daerah setempat. Selain itu, belerang tidak cocok untuk mesin dan mesin udara panas seperti “Three Way Catalyst”. Kata Iman.

“Jadi dari segi emisi lokal, karena biomassa mengandung oksigen, maka proses pembakarannya lebih efisien sehingga emisi lokal seperti CO, THC, dan partikulat menjadi berkurang.

Jadi klaim Pertamax Turbo menghasilkan emisi lebih baik dibandingkan Pertamax Green 95 tidak sepenuhnya benar meski memiliki nilai oktan lebih tinggi. Dengarkan berita terbaru dengan pilihan berita kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan bergabunglah dengan saluran WhatsApp Compas.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top