Monoshock vs Dual Shock, Mana yang Lebih Tepat untuk Motor Anda?

JAKARTA, virprom.com – Sistem suspensi sepeda motor berperan penting dalam kenyamanan dan kestabilan saat berkendara.

Pada bagian belakang sepeda motor, suspensi biasanya dibagi menjadi dua tipe umum, monoshock dan double shock. Di antara keduanya, manakah yang lebih baik?

Direktur Technical Center PT Wahana Makmur Sejati Wahyu Budi mengatakan, kedua jenis suspensi ini memiliki keunggulan masing-masing dan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pengendara.

Monoshock yang biasa digunakan pada sepeda motor sport dan skuter matic terkenal dengan desainnya yang ringkas dan mampu menjaga kestabilan saat bergerak.

Baca Juga: Nissan Serena E-Power Meluncur di Yogyakarta

Monoshock memiliki struktur yang lebih kompak sehingga membuat sepeda motor lebih leluasa di jalan raya, kata Wahyu kepada virprom.com, Jumat (13/9/2024).

Namun suspensi ini mungkin kurang cocok untuk sepeda motor yang sering membawa beban berat karena ketahanan bebannya lebih rendah dibandingkan shock ganda.

Sebaliknya, shock ganda lebih besar dan tahan lama sehingga lebih cocok untuk moped dan sepeda motor niaga yang sering membawa kargo.

Dual shock lebih efektif meredam getaran di jalan tidak rata sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi pengendara, kata Wahew.

Pemilihan suspensi sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Jika fleksibilitas dan mobilitas sangat penting, monoshock mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Baca Juga: Spesifikasi Harley-Davidson Road Glide, Paling Laris di Indonesia

Namun jika sepeda motor digunakan untuk membawa beban atau melintasi medan yang kasar, shock ganda dapat memberikan stabilitas dan kenyamanan yang lebih baik. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top