PBNU: PKB Didirikan untuk Bangsa, Bukan Muhaimin dan Keluarganya

JAKARTA, virprom.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) didirikan untuk negara, bukan untuk Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Kak Imin) dan keluarganya, tegas Wakil Sekretaris Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Suleiman Tanjung.

Hal itu disampaikan Suleiman dalam Rapat Anggota PBNU yang digelar di Hotel Bidakar Jakarta, Sabtu (27/7/2024).

Awalnya, rapat paripurna ini diwarnai dengan diskusi informal mengenai rencana pembentukan Panitia Khusus (PONSUS) atau Tim 5 PKB.

Pengurus PBNU ingin panitia khusus PKB segera dibentuk.

Baca Juga: Saat Cak Imin dan PBNU Sejajarkan Tujuan Bersama Berdirinya PKB…

Ia menilai, sejarah PKB telah diselewengkan oleh sebagian elite PKB.

Belakangan, kata Sulaiman, PKB melenceng dari tujuan awalnya dan dianggap dikuasai elite tertentu dan anggota keluarga Kak Imin.

“Peserta diskusi informal umumnya sepakat bahwa PBNU ingin menyikapi perilaku dan pernyataan elite PKB. Besok (hari ini) di akhir paripurna, Insya Allah akan diumumkan tentang Pansus PKB ini,” kata Sulaiman. dalam keterangannya, Minggu (28/7/2024).

Sulaiman menegaskan, pembentukan Pansus PKB hanya untuk mengembalikan PKB ke rumah asalnya yaitu NU.

Ia mengatakan, PBNU melihat elite PKB mengasingkan PKB dari NU.

Baca Juga: PBNU Bentuk Pansus Ambil Alih PKB, Gus Iple: Dia Sesat

“PBNU melihat adanya upaya sebagian elite PKB yang ingin memutarbalikkan sejarah dan menjauhkan PKB dari NU. Kita sering mendengar pimpinan PKB mengatakan bahwa PKB adalah milik NU dan bukan milik negara,” ujarnya.

Sebenarnya PKB ini milik bangsa, karena PKB didirikan PBNU untuk bangsa, bukan untuk Muhaimin dan sebagian elite serta keluarganya, lanjut Sulaiman.

Sementara itu, tambah Sulaiman, pansus ini dibentuk khusus untuk elite PKB sehingga kader bawah PKB terpaksa tetap tenang.

Ingat, ini sikap khusus terhadap elite PKB, ujarnya. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top