Keturunan Gustave Eiffel Berjuang Tolak Pemasangan Permanen Logo Olimpiade di Menara Eiffel

PARIS, virprom.com – Keturunan Gustave Eiffel, perancang Menara Eiffel, menentang pemasangan permanen logo Olimpiade pada ikon kota Paris.

“(Keluarga) menentang segala perubahan yang berdampak negatif terhadap penghormatan terhadap karya nenek moyang mereka,” kata asosiasi keluarga Eiffel AGDE, Senin (9 September 2024), seperti dilansir kantor AFP.

Ide logo permanen Olimpiade disampaikan oleh Wali Kota Paris, Anne Hidalgo. Ia juga berencana mengganti logo saat ini dengan versi yang lebih ringan agar lebih berkelanjutan.

Baca juga: Menara Eiffel Masih Berlogo Olimpiade, Akan Diganti Versi Lebih Ringan

Logo tersebut seharusnya tetap ada di Menara Eiffel setidaknya hingga tahun 2028, saat Olimpiade berikutnya akan diadakan di Los Angeles.

Keluarga keturunan Gustave Eiffel kemudian berkonsultasi dengan pengacara untuk mencegah rencana wali kota itu terlaksana.

Menurut mereka, simbol tersebut berwarna-warni, berukuran besar, ditempatkan di sepanjang jalan utama menuju menara dan menyebabkan ketidakseimbangan yang kuat pada bentuk menara.

“Ini secara signifikan mengubah bentuk monumen yang sangat utuh,” tambahnya.

Baca juga: Keluarga Perancang Menara Eiffel Tolak Rencana Pemasangan Logo Olimpiade Secara Permanen

AGDE menambahkan bahwa mempertahankan logo Olimpiade akan bertentangan dengan netralitas dan signifikansi yang diperoleh Menara Eiffel selama bertahun-tahun, yang telah menjadi simbol kota Paris dan bahkan Prancis di seluruh dunia.

Mereka menyarankan agar ban tersebut tidak dipasang hingga akhir tahun 2024, yang menandai berakhirnya tahun Olimpiade.

Menara Eiffel selesai dibangun pada tahun 1889 untuk Pameran Universal Paris dan awalnya hanya akan bertahan selama 20 tahun.

Kini menara setinggi 330 meter itu menjadi milik kota Paris.

Menurut situsnya, Menara Eiffel adalah monumen yang paling banyak dikunjungi di dunia, dengan sekitar tujuh juta orang setiap tahunnya, sekitar tiga perempatnya berasal dari luar negeri.

Baca juga: Pemerintah Paris Ngotot Pasang Logo Olimpiade Secara Permanen di Menara Eiffel Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top