Bukan WiFi, Smartphone Atlet Cabor E-sport Pakai LAN untuk Kompetisi PON XXI

MEDAN, virprom.com – Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) tengah melakukan berbagai persiapan jelang XXI. Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 berjalan lancar.

Salah satunya memanfaatkan jaringan area lokal (LAN) yang tercipta di venue e-sports PON XXI 2024, tepatnya di Medan International Convention Center (MICC), Kota Medan, Sumatera Utara. 

Delegasi teknis esports PON XXI 2024, Stanley Tjia mengatakan, penggunaan koneksi LAN ini untuk menghindari kendala saat para atlet esports bermain di atas panggung.

Baca Juga: Menpora: Jadikan PON XXI Sebagai Batu Loncatan Esports Olimpiade 2025

“Kalau tidak salah, ini pertama kalinya kami mengadakan kompetisi tingkat nasional dengan menggunakan puluhan smartphone sekaligus dengan koneksi LAN, tanpa menggunakan WiFi atau wireless,” kata Stanley kepada media, Jumat (13/09). /2024). ). 

“Untuk terhubung dengan LAN yang tersedia, maka smartphone para atlet akan dihubungkan dengan USB stick yang tentunya dapat dihubungkan dengan kabel LAN, sehingga koneksi kabel ini menjamin koneksi tidak akan terputus saat pertandingan berlangsung. Stanley menambahkan.

Stanley melanjutkan, jika koneksi LAN terputus, terdapat sistem failover otomatis yang mengalihkan koneksi smartphone atlet ke koneksi Internet yang tersedia. 

Menurut Stanley, ada tiga ISP/ISP yang didapuk PBESI untuk ajang esports PON XXI 2024. 

“Jika koneksi LAN terputus akan dibackup oleh ISP yang tersedia. Jika ISP juga down, ISP lain siap mem-backup, dan seterusnya. Hal ini memastikan hilangnya konektivitas ini dapat diatasi dengan cepat,” kata Stanley.

Penggunaan LAN bukanlah hal yang baru dan umum digunakan dalam kompetisi esports internasional.

“Koneksi LAN pada PON XXI 2024 untuk eSports mirip dengan teknologi yang digunakan pada eSports SEA Games 2023. LAN tersebut diubah menjadi USB sehingga tidak ada pemutusan koneksi saat atlet bertanding,” jelas Stanley.

Baca Juga: Format Pertandingan PON XXI Free Fire, Jadwal & Link Live Streaming

Selain koneksi LAN dan ISP, PBESI juga telah menyiapkan berbagai hal agar perhelatan e-sports PON XXI 2024 dapat berjalan lancar.

Beberapa di antaranya adalah optimalisasi alat yang dapat digunakan untuk keperluan siaran, penyiapan berbagai sistem teknis persiapan pertandingan, penyediaan wasit bersertifikat, dan penyiapan genset untuk cadangan listrik selama pertandingan. 

Berbagai persiapan tersebut rupanya diapresiasi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo.

Saat pembukaan PON XXI 2024 Aceh – Sumut bidang eSports, Jumat (13/09/2024), Dito memuji venue dan persiapan yang dilakukan PBESI selama ini.

Jujur saja, venue eSports ini merupakan overlap terbaik dibandingkan venue PON XXI 2024 Aceh – Sumut lainnya, kata Dito di atas panggung Upacara Pembukaan eSports PON XXI 2024. Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda . Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top