Tips Merawat Sabuk Pengaman Pre-tensioner Supaya Selalu Optimal

JAKARTA, virprom.com – Keselamatan dan keamanan menjadi prioritas utama saat berkendara. Oleh karena itu, sistem sabuk pengaman tidak boleh diabaikan agar selalu optimal saat dibutuhkan.

Satu hal yang harus Anda perhatikan adalah Anda tidak boleh merusak atau mengganti sabuk pengaman. Terkadang ada yang menambahkan bantal atau aksesoris karena tidak mengetahuinya.

Padahal, menurut Sales Manager PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa) Raymond Moldhany, tindakan terkait bisa menurunkan performa sabuk pengaman, terutama yang berteknologi prategang.

Baca juga: Pelajari tentang pre-tensioner sabuk pengaman dan cara memaksimalkan efektivitasnya

Teknologi pre-tensioner umumnya ditemukan pada mobil-mobil keluaran baru. Fungsinya untuk memastikan sabuk pengaman terpasang erat pada tubuh penumpang jika terjadi tabrakan dari depan atau lainnya.

Setidaknya ada tiga langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas sabuk pengaman.

“Pertama, periksa secara berkala seluruh sabuk pengaman apakah ada keausan atau kerusakan. Jika ada bagian yang rusak sebaiknya segera diganti,” kata Raymond dalam keterangan tertulis, Jumat (9/8/2024).

Kedua, pastikan sabuk pengaman bersih dan kering. Jika komponen kotor, dapat dibersihkan dengan larutan deterjen ringan dan air hangat.

Baca Juga: Canggih, Injektor atau Karburator Motor Otomatis Yang Mana?

“Jangan menggunakan pemutih, pewarna, deterjen kuat, atau bahan abrasif karena dapat merusak dan melemahkan kain,” ujarnya.

Terakhir, ketahui kapan harus mengganti seluruh unit atau rakitan sabuk pengaman setelah terjadi kecelakaan.

“Jangan melakukan pengecekan, penanganan, perbaikan atau penggantian pre-tensioner sendiri, segera konsultasikan ke bengkel resmi Hyundai Goa,” pungkas Raymond. Dengarkan berita terpopuler dan pilihan berita kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top