Misa Paus Fransiskus di Timor Leste Hari Ini Akan Dihadiri Separuh Penduduk Negara

Dili, virprom.com – Paus Fransiskus akan memimpin salah satu misa terbesar masa kepausannya di Timor Timur pada Selasa ini (9 Oktober 2024).

Lebih dari separuh dari 1,3 juta penduduk Timor-Leste diperkirakan akan menghadiri misa di ibu kota, Dili.

Sekitar 300.000 orang telah resmi mendaftar untuk menghadiri Misa, menurut penyelenggara Vatikan dan Timor Timur.

Baca juga: Paus Fransiskus Tiba di Timor Timur, Kali Ini Naik Toyota Sienta

Namun ratusan ribu orang lagi diperkirakan akan keluar, sehingga jumlah totalnya menjadi 700.000 hingga 750.000, kata mereka.

Perkiraan jumlah peserta yang besar telah mendorong salah satu perusahaan telekomunikasi lokal untuk memberi tahu pelanggan bahwa kunjungan Paus akan mempengaruhi gelombang udaranya.

Sebagai perbandingan, pada Kamis (9 Mei 2024), sekitar 87.000 umat Katolik menghadiri Misa yang dihadiri Paus Fransiskus di Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Sementara itu, sekitar 35.000 orang dikabarkan menghadiri Misa Paus Fransiskus di Papua Nugini.

Namun, jumlah umat Katolik yang diperkirakan akan menghadiri Misa Paus Fransiskus di Timor Timur kali ini bukanlah yang terbesar.

Pasalnya pada tahun 2023, sekitar satu juta orang berkumpul di Kinshasa, ibu kota Republik Demokratik Kongo, untuk menghadiri kunjungan pemimpin komunitas Katolik dunia yang juga kepala negara Vatikan.​

Sementara itu, rekor tersebut masih dipegang oleh Manila, ibu kota Filipina, yang dikunjungi sekitar 6 juta orang pada tahun 2015 untuk menemui Paus Fransiskus.

Baca juga: Kendaraan Disiapkan untuk Diperiksa Intens oleh Warga Negara Timor Timur Saat Kunjungan Paus Fransiskus ke Singapura

Paus Fransiskus tiba di Dili, Timor Timur pada Senin (9 September 2024) dan langsung disambut antusias puluhan ribu umat beriman.

Mereka berbaris di jalan-jalan, berteriak dan mengibarkan bendera ketika Paus melewati kota tepi pantai tersebut.

“Saya sangat bahagia untuk masyarakat Timor-Leste. Sekarang saya ingin bertemu Paus Fransiskus di sini dan memberinya hadiah. Saya sangat tersentuh,” katanya, berencana menghadiri Misa pada hari Selasa, kata Mary Mihaela, 17.

Paus Fransiskus sendiri sejauh ini tampak dalam keadaan sehat. Ia diketahui melakukan kunjungan 12 hari yang melelahkan ke kawasan Asia-Pasifik. Paus sebelumnya telah mengunjungi Indonesia dan Papua Nugini. Setelah keluar dari Timor Leste, mereka berencana menuju Singapura.

Pada hari pertama kunjungannya ke Timor-Leste, Paus berpidato di depan para pemimpin negara tersebut.

Ia menyambut era baru “perdamaian” sejak kemerdekaan pada tahun 2002, namun menyerukan pencegahan pelecehan terhadap generasi muda setelah skandal pelecehan anak baru-baru ini di Gereja Katolik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top