Mobil Sering Kena Macet di Perkotaan, Perlu Perawatan Khusus

JAKARTA, virprom.com – Lalu lintas menjadi masalah besar bagi pengemudi di kota besar seperti Jakarta. Hal ini tidak hanya membuang-buang waktu, tetapi juga meningkatkan putaran mesin mobil, meskipun jaraknya tidak ditambah.

Keadaan ini memerlukan perhatian khusus dalam perawatan mobil, terutama dalam penggantian oli dan komponen mesin lainnya.

Jeffrey Endika, pemilik Otospector, memberikan tips perawatan mobil bagi pemilik mobil yang sering terjebak kemacetan.

Baca juga: Ciri-ciri Mobil Volvo di Indonesia, Ahli Angkut Beban Berat

Menurutnya, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah frekuensi penggantian oli. Meskipun pabrikan menyarankan penggantian oli setiap 10.000 km, hal ini tidak selalu cocok untuk mobil yang digunakan di kota dengan lalu lintas padat.

Jeffrey ke “Mesin tetap berjalan di tengah kemacetan meski jarak tempuh tidak bertambah. Artinya, mobil yang sering terjebak kemacetan justru melakukan pekerjaan lebih banyak dibandingkan mobil yang digunakan di jalan raya,” ujarnya. virprom.com, Kamis (19/9/2024).

Untuk perawatan mesin terbaik, Jeffrey menyarankan pemilik city car mengganti oli setiap 5.000 km, bukan 10.000 km seperti yang direkomendasikan pabrikan.

Menurutnya, penggantian oli yang sering dapat mencegah penumpukan sedimen di tangki oli, hal yang sering terjadi pada mobil tua yang tidak dirawat dengan baik.

“Seringkali saat kita memeriksa mobil tua yang oli tidak diganti secara rutin, kita melihat endapan coklat di wadah oli. Hal ini dapat berdampak negatif pada performa mesin,” tambah Jeffery.

Baca Juga: MG Motor Indonesia Buka Peluang Rakit Siber Lokal

Ia menyarankan pemilik mobil untuk rutin mengecek kondisi bagian lain seperti filter udara dan busi selain mengganti oli, yang berperan penting dalam menjaga efisiensi mesin, terutama di lalu lintas.

Dengan perawatan yang tepat, kendaraan yang sering digunakan di perkotaan bisa tetap tampil baik meski sehari-hari menghadapi kemacetan. Dengarkan berita terkini kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top