Doa di Upacara HUT RI, Menag: Kami Dijajah Nafsu dan Kedengkian Kami Sendiri

JAKARTA, virprom.com – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa pada Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Istana Negara Ibu Kota Kepulauan (IKN) pada Sabtu (17/8/2021). 2024). ).

Dalam doanya, Menag menyebutkan, setelah Indonesia lepas dari penjajahan negara lain, kini dijajah nafsu dan iri hati.

Ia memohon kepada Allah SWT agar setiap masyarakat benar-benar bisa mewujudkan keberkahan kebebasan.

“Berikanlah kami dan para pemimpin kami kecerdasan untuk memahami arti kemerdekaan yang sesungguhnya,” kata Menag dalam doanya.

“Kita sudah ratusan tahun dijajah oleh negara asing, dan sekarang kita sudah merasakan kebebasan, kita mulai menjajah dengan nafsu dan rasa iri kita sendiri,” lanjutnya.

Baca Juga: Upacara HUT ke-79 RI Sukses Digelar di IKN, Jokowi: Terima Kasih…

Ia berdoa agar setiap orang tidak dijajah oleh orang lain atau dirinya sendiri.

“Ya Allah, Tuhan kami, jajahlah kami, jajahlah kami melalui Engkau saja. Jangan sampai ada orang lain selain Engkau, termasuk diri kami sendiri, yang menjajah kami,” ujarnya.

Dalam doanya, ia meminta para pemimpin negara untuk memiliki kebijaksanaan dan kehati-hatian, serta menjunjung tinggi kejujuran dan menjunjung keadilan.

Ia pun mendoakan agar hati para pemimpin bangsa semakin terbuka untuk mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi.

“Berikanlah pemahaman kepada bangsa kita tentang arti kebebasan yang sebenarnya,” imbuhnya.

Baca Juga: Media Asing Sebut Upacara Kemerdekaan Indonesia di IKN Sebut Pembangunannya Belum Selesai

Selain itu, ia berdoa agar semua orang terlindungi dari kebencian dan konflik.

Yaqut tak lupa mendoakan para pahlawan dan pendahulu negara yang berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan negara Indonesia.

“Dan mohon maaf atas segala kesalahan kami dalam membangun kesejahteraan tanah air,” kata Yaqut.

“Ya Allah, muliakanlah pemimpin-pemimpin kami, berilah mereka cahaya hidayah, akal, hati dan jiwa, tuntun dan tuntunlah kami pada masa-masa transisi ini, agar kami dapat bergerak menuju kemajuan, keadilan dan kesejahteraan, satukanlah segala langkah dan tekad kami untuk mencapai kemajuan, keadilan, dan kesejahteraan. jadikan “Nusantara baru Indonesia berkembang tanpa hambatan,” lanjutnya. Dengarkan berita terhangat dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda saluran berita favorit Anda untuk mengakses Channel WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp. com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top