Utak-atik Janji Makan Siang Gratis Prabowo, Anggaran Dipertimbangkan Turun ke Rp 7.500 Per Porsi

JAKARTA, virprom.com – Program makan siang gratis yang dicanangkan Presiden Prabowo Subanto mengalami perubahan, mulai dari nama program hingga anggaran per porsi.

Setelah menamakan programnya ‘Makanan Bergizi Gratis’, mereka bersiap untuk mengurangi anggaran partisipasi program dari 15.000 menjadi 7.500.

Ekonom Vardana Securitas, Herianto Erawan mengungkapkan, dirinya diundang tim koordinasi Presiden terpilih Prabowo Subanto untuk membahas program makanan bergizi gratis untuk anak-anak.

Salah satu yang menjadi perbincangan adalah mengenai keinginan Prabowo untuk mengelola batasan anggaran sebesar Rp71 miliar agar bisa menjangkau sebanyak-banyaknya anak dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Baca juga: Prabowo Pertimbangkan Kurangi Anggaran Makan Siang Gratis Jadi Rp 7.500 per Anak

“Yang mau saya sampaikan, angka itu sudah dibicarakan dengan Pak Prabowo, dan mereka informasikan kepada saya. Angkanya Rp 71 triliun dan defisitnya 2,5 persen, bukan 3 persen atau 3,5 persen, bukan seperti itu,” dia mengamini. itu terjadi,” kata Herianto dalam acara Market Outlook 2024 yang disiarkan Selasa (16/7/2024) melalui kanal YouTube.

Dari situ, Herianto mencermati, ada keinginan dari pihak Prabowo untuk menjalankan program makan gratis bergizi dengan kapasitas maksimal tanpa menambah atau mengurangi batas anggaran sebesar Rp71 miliar.

Menurut Herianto, tim koordinasi kemudian memutuskan untuk mengurangi alokasi biaya makan per anak dari rencana Rp15.000 menjadi Rp7.500.

“Yang menarik bagi saya bapak ibu sekalian bertanya apakah kerja ketua kelompok ekonomi terpilih ini bisa menekan biaya makan sehari-hari setelah melewati angka itu hingga 71 miliar. Hemat lebih dari Rp 15.000,” ujarnya. Herianto

Baca Juga: Jawaban Airlang Anggaran Makan Siang Gratis Dikurangi Jadi Rp 7.500 Per Anak

“Mungkin sampai Rp9.000, kira-kira sampai Rp7.500. Dan kita bisa maklumi, sebagai seorang politikus tentunya ingin menyentuh masyarakat sebanyak-banyaknya dengan programnya,” ujarnya.

Di sisi lain, Airlanga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, mengatakan program makan siang gratis akan dilaksanakan secara fleksibel.

Pelaksanaan program akan mengikuti batasan anggaran yang dialokasikan dalam APBN.

“RAPBN (anggaran pangan bergizi) sekarang tetap sama, tapi pelaksanaannya ada fleksibilitas,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (16/7/2024). .

Baca Juga: Gratis Makan Siang Anggaran Airlangga: Sekitar Rp 15.000 per anak

Sebelumnya pada Februari 2024, Airlanga menyebut anggaran program makan siang gratis ini ditetapkan sebesar Rp15.000 per anak.

“Per anak sekitar Rp15.000”, Airlangga, Antara, 26 Feb 2024.

Menurut dia, anggaran tersebut akan diterapkan secara merata di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top