Bisnis Game Lebih Cuan dari Streaming Video dan Musik, Menurut Riset

virprom.com – Perusahaan konsultan manajemen bisnis Bain & Co. telah menerbitkan penelitian terkait industri olahraga pada tahun 2024.

Menurut “Laporan Game 2024”, pendapatan game global akan mencapai $196 miliar (setara dengan IR3.000 triliun) pada tahun 2023.

Angka tersebut melampaui pendapatan video streaming (US$114 miliar/Rp 1,750 triliun), streaming musik (US$38 miliar/Rp 584 triliun), dan penerimaan film box office (US$34 miliar/Rp). 522 triliun).

Bain & Company mengatakan pendapatan game global akan tumbuh sebesar 6 persen per tahun hingga tahun 2028, dipimpin oleh game seluler dan mengambil pangsa pasar dari media lain.

Baca Juga: Berikut Official Game Mobile eFootball 2025, Panduan Download dan Toolkitnya

Terkait hal tersebut, Bain menyebutkan terdapat 3,1 miliar orang yang berolahraga di dunia atau 40 persen dari populasi dunia.

Mobile gaming dikatakan mewakili lebih dari separuh pasar gaming global, dan jumlah ini semakin meningkat mengingat harga smartphone lebih murah dan mudah digunakan dibandingkan konsol atau komputer (PC).

Ketika kita berbicara tentang mengambil pangsa pasar dari media lain, ini berarti olahraga versus serial televisi atau film.

Menurut Bain & Company, lebih dari separuh gamer, dari 5.000 responden, pernah menonton acara TV atau adaptasi film dalam setahun terakhir.

Ini meningkat 10% dibandingkan tahun 2022, sehingga permintaan dan pasokan akan sangat baik.

Survei ini dilakukan terhadap ribuan orang yang disurvei di enam negara berbeda: Brasil, Indonesia, Jepang, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Serial TV atau film yang diadaptasi dari game mendorong pengguna untuk mencoba game aslinya, meningkatkan jumlah rata-rata pengguna (ACU) sebesar 28% enam bulan setelah film atau TV dirilis.

Misalnya saja seri Resident Evil yang sudah memiliki game dan film sejak tahun 1990.

Pada tahun tersebut Perilisan serial TV Resident Evil di layanan streaming Netflix pada tahun 2022, enam bulan setelah debut serial TV tersebut, akan meningkatkan jumlah ACU game Resident Evil 2 di PC sebesar 62 persen.

Di sisi lain, film Sonic the Hedgehog tahun 2020 menghasilkan lebih dari $300 juta (sekitar Rp 4,6 triliun) di box office, melampaui game Sonic Adventure sebesar 56 persen, hampir lima bulan setelah film tersebut dibuat. Dibuat. Melepaskan.

Selain kedua game tersebut, masih banyak lagi contoh game yang mendapat adaptasi TV atau video, seperti Cyberpunk 2077, Super Mario Bros, dan yang terbaru Minecraft.

Baca Juga: Game Minecraft Dibuat Menjadi Film Live Action, Dirilis April 2025

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top