KSAD: Pengamanan Perbatasan Tak Cukup Andalkan Alutsista

JAKARTA, virprom.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak menyatakan, dalam sistem utama bersenjata (alutcista), menjaga perbatasan negara saja tidak cukup.

Hal itu diungkapkan Maruli saat memberikan instruksi kepada prajurit Satuan Tugas Keamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Republik Demokratik Timor Timur (RDTL) dari Batalyon Infanteri (Yonif) 742/Satya Weera Yuta di Nusa Tenggara Timur. ), Rabu (31/07/2024).

“Para pendahulu kita yang senior membuat pertahanan Indonesia semakin rumit. Jika kita menggunakan (hanya mengandalkan) alat pelindung diri, kita tidak bisa. Dalam siaran persnya, Kamis (1 Agustus 2024), Dispenad Maruli mengatakan, “Jangan menganggap perbatasan Indonesia dengan negara tetangga seperti perbatasan Eropa.

Baca juga: Panglima TNI Maruli Minta Prajurit 100 Persen Berbakti Kepada Bangsa dan Negara

Maruli mengatakan, di Indonesia sudah ada konsep regional dan Organisasi Perlindungan dan Keamanan Rakyat (Siskanhamrata) yang bersifat global.

“Kita (Indonesia) punya konsep keamanan regional, kolektif, keamanan manusia global,” kata Maruli.

Terkait hal tersebut, Panglima TNI meminta personel Satgas turut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan untuk menjamin keamanan dan perdamaian di wilayah perbatasan.

Maruli menegaskan, Satgas harus selalu bekerja sama dengan pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat yang berada di kawasan pembatasan.

“Bagaimana cara merawatnya? Anda meningkatkan kehidupan masyarakat setempat. Orang-orang percaya pada Anda dan negara. “Mereka akan ikut serta bersama kami (DNI) dalam pengamanan (perbatasan) dan saya rasa ini akan sangat bermanfaat,” kata Maruli.

Baca Juga: Opini Masyarakat Himbau Laporkan Anggota TNI Terlibat Kegiatan Bisnis Ilegal, KSAD: Tindakan Kami Cepat

Dalam kesempatan tersebut, Maruli meminta Komandan Satuan Tugas Keamanan Perbatasan (Bamdas) menilai dan menyampaikan saran masukan kepada komando yang lebih tinggi terkait gangguan operasi, baik dari segi peralatan keamanan maupun teknologi.

“Jadi misi di masa depan akan lebih baik,” kata panglima militer. Dengarkan berita terbaru dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top