Myanmar Berjuang Lawan Banjir Besar, Warga Ada yang Berlindung di Pohon

NAYPYIDAW, virprom.com – Ratusan warga desa di Myanmar berjuang melawan banjir besar di sekitar ibu kota terpencil Naypyidaw pada Jumat (13/9/2024).

Banjir yang mencapai dagu orang dewasa ini merupakan salah satu banjir terbesar di negara tersebut.

Sebelumnya, masyarakat di beberapa wilayah di Vietnam, Laos, Thailand, dan Myanmar berjuang melawan banjir dan tanah longsor setelah Topan Yagi membawa hujan lebat saat melanda wilayah tersebut akhir pekan lalu.

Baca Juga: Topan Yagi yang melanda Vietnam menewaskan 59 orang

Total kematian di empat negara tersebut diketahui mencapai 280 orang, termasuk 233 orang di Vietnam dan 36 orang di Myanmar.

Dengan banyaknya orang hilang, jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah.

Lebih dari 50.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka di Myanmar, menambah penderitaan di negara yang dilanda konflik tersebut sejak militer mengambil alih kekuasaan pada tahun 2021.

Seorang warga desa Sin Thay dekat Naypyidaw mengatakan dia dan anak-anaknya menghabiskan malam sebelumnya berlindung di pohon untuk menghindari amukan banjir.

“Air masuk ke desa secara tiba-tiba pada malam hari, tidak ada waktu untuk keluar,” katanya kepada AFP.

“Mereka baru menyelamatkan kami belakangan. Kalau mereka datang 30 menit kemudian, keluarga saya pasti sudah meninggal,” tambahnya.

Beberapa penduduk desa menyeret rakit darurat dengan membawa harta benda mereka, sementara yang lain membawa ternak mereka ke tempat yang lebih tinggi.

“Ini pertama kalinya saya mengalami banjir seperti ini,” kata seorang pria lain di dekat desa tersebut.

“Kami tidak punya waktu untuk bersiap dan itu adalah pengalaman yang sangat menakutkan,” jelasnya.

Baca juga: Topan Yagi di Vietnam Tewaskan 9 Orang, Banyak Kapal Rusak Berat

Media pemerintah melaporkan bahwa banjir di wilayah sekitar ibu kota menyebabkan tanah longsor dan menghancurkan menara listrik, gedung, jalan, jembatan, dan rumah.

Di wilayah Mandalay, sekelompok penduduk desa menunggangi gajah untuk mencapai tanah dalam rekaman yang diposting di media sosial. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top