Bolehkah Kondom Dipakai Dua Kali? Ini Penjelasannya…

virprom.com – Menggunakan kondom saat berhubungan intim merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah kehamilan dan infeksi menular seksual. Lantas, apakah kondom bisa dipakai dua kali?

Yang jelas, kondom tidak boleh digunakan dua kali. Sebab, kondom merupakan alat kontrasepsi jangka pendek yang digunakan satu kali saat berhubungan intim.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Kondom dan Fungsinya

Jika kondom rusak atau terjadi masalah saat berhubungan intim, pasangan suami istri harus mengganti produknya dengan produk baru, sehingga meningkatkan risiko kebocoran.

Untuk mengetahui amankah menggunakan kondom dua kali, simak ikhtisar berikut ini. Bisakah kondom digunakan dua kali?

Kondom merupakan alat kontrasepsi jangka pendek yang bersifat reversibel. Artinya efek kontrasepsi akan cepat hilang setelah digunakan. Oleh karena itu, kondom tidak boleh digunakan dua kali.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa alasan untuk tidak menggunakan kondom dua kali: Penggunaan kembali kondom meningkatkan risiko kebocoran kondom sehingga meningkatkan peluang kehamilan Penggunaan kondom berulang kali dapat menyebabkan penularan seksual menyebabkan penularan penyakit menular seksual (PMS) yang mengakibatkan ketidaknyamanan saat berhubungan. Penggunaan kondom bekas juga dapat meningkatkan risiko iritasi kulit dan cedera pada penis. Ukuran kondom yang digunakan mungkin terlalu kecil atau terlalu longgar sehingga tidak sesuai dengan ukuran penis.

Oleh karena itu, pasangan disarankan untuk melepas dan mengganti produk baik setelah ejakulasi maupun ketika terjadi kegagalan fungsi.

Menurut Planned Parenthood, jika seorang pria melihat gejala kondom bocor, ia harus segera melepasnya dan memasang produk baru.

Kondom yang digunakan untuk seks oral juga sebaiknya diganti karena lebih rentan bocor.

Baca juga: Kondom Bisa Lepas? Berikut penjelasannya… anjuran menggunakan kondom

Menurut laman BKKBN, penggunaan kondom yang benar mampu mencegah kehamilan hingga 98 persen. Berikut tips penggunaan kondom yang harus diketahui pasangan: Sebelum menggunakan, pastikan kemasan kondom tidak rusak dan belum kadaluwarsa. Pilihlah kondom yang ukurannya pas, tidak terlalu ketat, longgar, terlalu pendek, atau terlalu panjang. Segera gunakan kondom saat penis ereksi. Masukkan perlahan dari ujung penis hingga menutupi seluruh lingkar area genital dengan jari Anda untuk mencegah masuknya udara. Segera hentikan aktivitas seksual. Saat mengeluarkan penis, pegang ujung kondom agar tidak lepas dan menumpahkan air mani

Penggunaan kondom yang benar dapat menjamin efektivitasnya.

Namun, jika Anda dan pasangan mengkhawatirkan kemungkinan hamil, sebaiknya gunakan alat kontrasepsi jangka panjang, seperti KB spiral dan IUD.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggunakan Kondom Agar Tidak Bocor? Berikut penjelasannya. Saksikan berita terkini dan berita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top