Kenaikan Suku Bunga Pengaruhi Kredit Mobil dan Motor Baru

Jakarta, virprom.com – Bank Indonesia menaikkan suku bunga dasar sebesar 25bps menjadi 6,25% pada April tahun lalu. Namun kenaikan suku bunga disebut tidak berdampak pada permintaan kredit otomotif.

Suandi Wiratno, Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Keuangan Indonesia (API), mengatakan kepada virprom.com (9/8/), “Entah kenaikan suku bunga benar-benar terjadi di bank asing, atau The Fed terlalu tinggi, terlalu tinggi untuk jangka panjang. waktu.” katanya. waktu. ” 2024)

“Di dalam negeri, suku bunga acuan BI sudah mengalami kenaikan dan penyesuaian. Namun di industri kita tidak akan berdampak signifikan. Kalaupun ada penyesuaian kenaikan 1% atau 0,5%, peminjam baru tidak akan berpengaruh segmen ‘relatif,'” katanya.

Baca juga: Viral Video Beli Yamaha NMAX Buatan Indonesia di Jepang

Suwandi mencontohkan, bunga mobil seharga Rp 100 juta akan mendapat kenaikan sebesar Rp 100.000.

Sebaliknya jika suku bunga kredit sepeda motor sebesar 100 juta rupiah dinaikkan sebesar 1%, maka pembayaran angsuran akan meningkat sekitar 10.000 rupiah.

“Jadi di industri kita tidak cost-efektif. Tidak ada naik turunnya karena rata-rata peminjam yang bertransaksi atau kontrak dengan perusahaan pembiayaan tetap sama sepanjang umur pinjaman,” kata Swandi.

Baca juga: Video Perlihatkan Balita Terkurung di Kabin Saat Ayah Mencoba Memanaskan Mobil

“Mungkin ada (peminjam) baru, ada penyesuaian, ada sedikit kenaikan (instalasi), tapi ini dihitung berdasarkan peminjam yang mampu,” ujarnya.

Artinya, kenaikan suku bunga akan mempengaruhi peningkatan kredit mobil dan sepeda motor bagi peminjam baru. Bagi konsumen yang sudah memiliki kredit, tidak ada kenaikan.​ Dengarkan berita terkini dan berita yang dipilih dengan cermat langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top