Ukraina Kian Menekan, Rusia Giliran Umumkan Keadaan Darurat di Wilayah Belgorod

BELGOROD, virprom.com – Gubernur Belgorod, Rusia, mengumumkan keadaan darurat pada Rabu (14/8/2024).

Dia mengatakan situasi di wilayahnya “sangat sulit” setelah pemboman baru-baru ini di Ukraina.

“Situasi di wilayah Belgorod kami masih sangat sulit dan tegang akibat penembakan oleh tentara Ukraina. Rumah-rumah hancur, warga tewas dan terluka,” kata Gubernur Vyacheslav Gladkov melalui Telegram, menurut AFP.

Baca juga: Tekanan dari Militer Ukraina Meningkat, Giliran Rusia Keluarkan Perintah Evakuasi Warga Belgorod

Dia menambahkan, keadaan darurat di wilayah tersebut akan mulai berlaku mulai Rabu, diikuti dengan permintaan kepada komisi pemerintah untuk mengumumkan keadaan darurat.

Belgorod diketahui berada di perbatasan wilayah Kursk yang sudah menyatakan keadaan darurat pada Jumat (8/9/2024) akibat serangan tentara Ukraina.

Ukraina diketahui melancarkan serangan mendadak dalam serangan lintas batas terbesar di wilayah Rusia sejak Perang Dunia II.

Gladkov mengatakan Belgorod juga diserang oleh pesawat Ukraina.

“Dua kawasan pemukiman di wilayah Belgorod diserang oleh drone Angkatan Bersenjata Ukraina. Tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

“Di Shebekino, akibat beberapa serangan drone terhadap sebuah gedung apartemen, sebuah gedung apartemen terbakar dan beberapa lantai runtuh. Kabel listrik juga rusak,” tambah Gladkov.

Baca juga: Diserang Pasukan Ukraina, Rusia Umumkan Keadaan Darurat di Kursk

Sebelumnya, Presiden Vladimir Putin pada Senin (8/12/2024) memerintahkan militer Rusia untuk “mengusir” tentara Ukraina yang memasuki wilayah Rusia.

Sekitar 121.000 orang telah meninggalkan Kursk sejak pertempuran dimulai, yang telah menyebabkan sedikitnya 12 orang tewas dan 121 orang terluka, kata gubernur regional Alexei Smirnov dalam pertemuan dengan Putin.

Pihak berwenang Kursk mengumumkan pada hari Senin bahwa mereka memperluas zona evakuasi mereka hingga mencakup distrik Belovsky, yang menampung sekitar 14.000 penduduk. 

Kota tetangga Belgorod juga mengatakan pihaknya telah pindah dari distrik Krasnoyaruzhsky yang berbatasan dengan kota tersebut.

  Dengarkan berita terbaik dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top