NATO Kecam Serangan Besar-besaran Rusia ke Ukraina

BRUSSELS, virprom.com – Negara-negara anggota NATO pada Rabu (28/8/2024) mengutuk serangan besar-besaran Rusia terhadap Ukraina usai pertemuan Dewan NATO dan Ukraina di Brussels, Belgia.

Rusia melancarkan serangan drone dan rudal ke Ukraina pada Senin (26/8/2024) dan Selasa (27/8/2024), menewaskan sedikitnya 11 orang dan menghancurkan jaringan listrik negara itu yang sudah rapuh.

NATO kemudian menegaskan kembali komitmennya untuk meningkatkan bantuan militer ke Ukraina, kata Ketua NATO Jens Stoltenberg setelah para diplomat bertemu dengan pejabat Ukraina atas permintaan Kiev.

Baca Juga: Ukraina Uji Coba Rudal Balistik Buatan Dalam Negeri Pertama

“Kita harus terus mendukung Ukraina dengan peralatan dan amunisi yang dibutuhkan untuk mempertahankan diri dari agresi Rusia. Ini penting bagi kemampuan Ukraina untuk terus berperang,” kata Stoltenberg seperti dikutip kantor berita AFP.

Beberapa negara NATO telah meminta Ukraina untuk mencabut sanksi terhadap senjata Barat, khususnya rudal jarak jauh.

Tujuannya adalah untuk membantu Ukraina mempertahankan diri dari serangan mematikan.

Ukraina telah berjuang untuk mempertahankan wilayah di timur, tempat Rusia telah melakukan kemajuan selama berbulan-bulan.

Baca juga: Depot bahan bakar Rusia di Rostov terbakar setelah serangan pesawat tak berawak Ukraina Serangan Rusia tewaskan 6 orang di Donetsk, Ukraina timur

Meskipun berhasil melawan serangan balik Ukraina di Kursk, Rusia telah merebut beberapa kota dan desa dalam beberapa hari terakhir.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky kemudian meminta Kyiv untuk membantu angkatan udara Eropa menembak jatuh drone dan rudal Rusia di masa depan.

Serangan udara terbaru Rusia di Ukraina termasuk yang terbesar dalam beberapa pekan terakhir.

Kyiv mengatakan 15 wilayah Ukraina menjadi sasaran total 236 rudal dan drone, 201 di antaranya ditembak jatuh.

Baca Juga: Rusia Klaim Kuasai Belgorod Setelah Beberapa Kali Serangan Ukraina Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top