Tidak Ada Game PC di PON XXI 2024 Cabor E-sports, Kenapa?

MEDAN, virprom.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 2024 di Aceh – Sumatera Utara untuk pertama kalinya akan memperkenalkan e-sports sebagai olahraga permanen.

Sektor esports ini didominasi oleh game-game smartphone seperti Mobile Legends, Free Fire, PUBG Mobile, Lokpala, Battle of Guardians, dan Honor of Kings. Satu-satunya game konsol adalah eFootball.

Artinya, tidak akan ada lagi game PC seperti Dota 2 atau Valorant yang menghiasi esports PON XXI 2024. Faktanya, banyak atlet profesional (pemain profesional) yang mewakili Indonesia di ajang internasional yang mengikuti kedua pertandingan tersebut. TIDAK

Beberapa di antaranya adalah Matthew Filemon, Trai Kunkoro, dan Rafli Fathur Rahman yang berlaga di Dota 2 The International 2024, serta tim lokal seperti Boom Esports dan Alter Ego yang mengikuti beberapa turnamen Valorant internasional.

Baca Juga: Jabar Raih Medali Emas Nomor Esports Free Fire PON XXI

Technical Representative (TD) esports PON XXI 2024 Stanley Xia menyatakan, alasan PC gaming tidak digelar di PON XXI 2024 adalah kurangnya pemain yang bisa mewakili wilayah di PC esports gaming.

“Sebelum perhelatan PON XXI 2024, kami bertanya kepada beberapa pemerintah negara bagian tentang atlet yang boleh bermain game PC, namun mereka menjawab bahwa jumlah atlet dan pemainnya sangat sedikit.” Maidan, Sumut, Jumat lalu (13 September 2024). TIDAK

“Misalnya di tuan rumah Aceh, kita tidak punya atlet yang cukup untuk bermain game PC, maka itu salah satu alasan kita tidak memasukkan game PC ke dalam PON,” tambah Stanley.

Baca Juga: Manpora Sebut Esports Arena Sebagai Venue Terbaik PON XXI 2024

Stanley mengatakan agar esports PON XXI 2024 menyertakan game PC, setidaknya 75% provinsi di Indonesia harus memiliki cukup pemain untuk mengikuti game tersebut. TIDAK

“Kalau untuk Valorant, Dota 2 dan game PC lainnya, kebutuhan pemain dan ketersediaan game-game tersebut di Indonesia masih kurang,” jelas Stanley. TIDAK

Meski demikian, Stanley mengatakan pihaknya akan tetap berupaya agar PC gaming bisa dipertandingkan di ajang PON berikutnya. Tujuannya adalah untuk memastikan skena esports Indonesia tumbuh seimbang di semua platform. Dengarkan berita terkini dan cerita pilihan langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top