Bumi Akan Peroleh “Bulan” Baru dalam Momen Langka Gravitasi

virprom.com – Bumi akan mendapatkan bulan mini sementara, sebuah peristiwa langit langka yang menunjukkan tarikan gravitasi bumi.

Bulan mini langka ini akan muncul dalam bentuk asteroid bernama 2024 PT5. 

Pada tahun tersebut Ditemukan pada 7 Agustus 2024, asteroid ini berdiameter sekitar 10 meter (33 kaki) dan akan ditangkap gravitasi bumi pada 29 September hingga 25 November 2024.

Baca Juga: Kisah Jared Isaacman, Anak Putus Sekolah yang Menjadi Astronot Non-Profesional Pertama di Luar Angkasa

Menurut Times of India, selama periode dua bulan ini, asteroid tersebut akan mengorbit Bumi tetapi tidak akan menyelesaikan orbit penuhnya. 

Pada tahun tersebut Setelah 25 November 2024, pada tahun 2024 PT5 akan lepas dari pengaruh gravitasi bumi dan kembali ke orbit matahari.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh American Astronomical Society, para peneliti merinci temuan mereka.

Objek Dekat Bumi (NEO) yang mengikuti jalur tapal kuda dan mendekati planet pada jarak pendek dan kecepatan yang relatif rendah mungkin mengalami peristiwa bulan mini dengan gaya geosentris negatif selama berjam-jam, berhari-hari, atau berbulan-bulan. Bumi berada dalam keadaan terperangkap,” kata surat kabar itu.

Asteroid 2024 PT5 merupakan bagian dari kelompok objek dekat Bumi yang orbitnya mirip Bumi. 

Kecepatannya yang relatif rendah dan kedekatannya dengan Bumi menyebabkan gravitasinya mengubah jalurnya untuk sementara dan menjadikannya bulan mini.

Meskipun Bumi sudah memiliki bulan-bulan mini, PT5 2024 akan terlalu redup untuk dilihat dengan mata telanjang atau teleskop amatir. 

Baca Juga: Pengakuan Astronot Terjebak di Orbit Sedih Terjebak Tapi Bahagia di Luar Angkasa

Bulan berkekuatan 22 ini hanya terlihat oleh pengamat tingkat lanjut.

Meski ukurannya kecil dan durasinya singkat, asteroid 2024 PT5 memberikan wawasan berharga tentang dinamika benda-benda dekat Bumi.

Baca Juga: 2 Astronot Akui Masa-masa Itu Sulit, Tapi Luar Angkasa Itu Menyenangkan

Dengan mempelajari bagaimana gravitasi bumi mempengaruhi perilakunya, para astronom dapat meningkatkan model interaksi gravitasi mereka dan meningkatkan prediksi tentang bagaimana perilaku asteroid lain dalam perjalanannya menuju Bumi.

  Dengarkan berita terkini dan pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top