Kesalahan Umum Pengemudi Mobil CVT di Tanjakan dan Turunan

JAKARTA, virprom.com – Menggunakan mobil Menggunakan transmisi CVT (Continuously Variable Transmision) Mobil semakin menjadi pilihan kendaraan bagi pengemudi karena kenyamanan dan kemudahannya.

Namun banyak pengemudi yang belum mengetahui cara mengendarai mobil CVT yang benar, apalagi saat berkendara di jalanan berbukit yang didominasi tanjakan dan turunan.

Akibatnya sering terjadi kesalahan teknik berkendara yang dapat mempengaruhi performa mobil dan keselamatan pengemudi.

Menurut Lung Lung, pemilik bengkel Dokter Mobil, salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan pengendara CVT adalah menekan pedal gas saat menanjak.

Baca juga: Usai berkendara di jalan rusak, perlu dilakukan pengecekan kondisi roda

“Banyak pengendara yang melakukan akselerasi dengan cepat dan langsung mengeluarkan tenaga yang besar, nyatanya cara tersebut dapat menyebabkan kendaraan kehilangan kecepatan dan meningkatkan risiko tergelincir,” kata Lung Lung kepada virprom.com, Selasa (20/8/2024). .

Menurut Lung Lung, pengemudi sebaiknya menginjak gas secara bertahap untuk menjaga traksi dan kestabilan kendaraan.

Ia juga menambahkan, penggunaan engine brake pada mobil matic, khususnya CVT, saat menuruni tanjakan justru dapat menurunkan kecepatan. Namun hal ini harus dilakukan dengan hati-hati karena dapat mempercepat keausan penutup kopling.

Baca Juga: Kesan Ducati Multistrada V4 RS, Harga Toyota Alphard Murah [VIDEO]

“Semua mobil matic, apalagi CVT, kalau menuruni tanjakan terus menerus dengan engine brake, kampas kopling cepat aus,” kata Lung.

Ia mengingatkan, mobil bertransmisi CVT harus menjalani perawatan lebih intensif agar performanya bisa diandalkan. Dengarkan berita kami dan pilih langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top