Ini Alasan PM Israel Pertahankan Kendali Jalur Penyeberangan Gaza-Mesir

TEL AVIV, virprom.com – Negosiasi gencatan senjata di Gaza kembali menemui jalan buntu. Salah satunya karena Israel bersikeras melindungi koridor Philadelphia.

Koridor atau jalur antara Gaza dan Mesir telah menjadi titik perdebatan dalam perundingan. Padahal, kesepakatan hampir tercapai pada akhir Mei lalu.

Khususnya bagian dari perjanjian yang mencakup penarikan pasukan Israel dari Gaza, pembebasan sekitar 90 tahanan yang ditahan di Gaza oleh kelompok Hamas, dan pembebasan ratusan warga Palestina dari penjara Israel.

Baca juga: Vaksinasi Polio Putaran Pertama di Gaza Jangkau 189.000 Anak

Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kemudian menambahkan empat syarat yang tidak bisa dinegosiasikan.

Hal ini termasuk mempertahankan kendali atas Koridor Philadelphia, jalur darat sepanjang 14 km yang berbatasan dengan Mesir.

Pada Senin (2/9/2024), Netanyahu kembali menegaskan poros kejahatan sedang mencari Koridor Philadelphia. Untuk ini dia harus mengendalikannya.

“Hamas bersikeras bahwa kami tidak berada di sana dan oleh karena itu, saya bersikeras bahwa kami ada di sana,” kata perdana menteri Israel, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (5/9/2024).

Netanyahu mengatakan Hamas bisa saja menyelundupkan barang, bahkan senjata, melalui Philadelphia sebelum 7 Oktober 2023.

Hal ini menyebabkan para kritikus percaya bahwa tuntutan Netanyahu di menit-menit terakhir lebih berkaitan dengan menjaga perang di Gaza tetap hidup dibandingkan dengan masalah keamanan yang sebenarnya.

“Pada dasarnya, itulah alasan yang digunakan Netanyahu saat ini,” kata Zachary Lockman, pakar Palestina-Israel di Universitas New York, kepada Al Jazeera.

“Dia mencari alasan apa pun yang bisa digunakan untuk menghindari perjanjian penyanderaan atau gencatan senjata,” jelasnya.

Netanyahu telah dikritik di dalam negeri oleh tokoh-tokoh seperti menteri pertahanan dan anggota partai Likud Yoav Gallant.

“Fakta bahwa kami memprioritaskan koridor Philadelphia dengan mengorbankan nyawa para sandera adalah aib moral,” kata Gallant kepada para menteri.

Baca juga: Hamas menuduh PM Israel berusaha menggagalkan gencatan senjata di Gaza

Beberapa tokoh militer mengkritik keputusan Netanyahu dari sudut pandang strategis.

Sementara itu, kepala staf Israel Herzi Halevi mengatakan bahwa mengerahkan pasukan ke Koridor Philadelphia akan membuat mereka menghadapi risiko yang tidak perlu. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung ke ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top