AS Beri Sinyal Targetkan Normalisasi Israel-Arab Saudi Sebelum Januari 2025

PORT-AU-PRINCE, virprom.com – Amerika Serikat (AS) menyatakan bertujuan untuk menjalin hubungan diplomatik antara Israel dan Arab Saudi sebelum Januari 2025.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada Kamis (5/9/2024) berharap dapat mencapai kesepakatan kompromi antara Israel dan Arab Saudi sebelum berakhirnya masa kepresidenan Joe Biden pada Januari mendatang.

“Saya pikir jika kita bisa menghentikan kebakaran di Gaza, masih ada ruang di pemerintahan ini untuk membuat kemajuan dalam reformasi,” katanya pada konferensi pers di Haiti, kata AFP.

Baca juga: Kunjungi Arab Saudi, Menlu AS Desak Bangun Hubungan dengan Israel

Sebelumnya, Blinken mengunjungi Arab Saudi untuk membahas prospek rekonsiliasi dengan Israel.

Pada pertemuan Forum Ekonomi Dunia di Sekretariat Dewan Kerja Sama Teluk (GCC), Riyadh, 29 April, ia mengatakan AS hampir mendapatkan dana keamanan yang akan dikirim ke Arab Saudi jika diputuskan. Israel.

Di sisi lain, Blinken mengunjungi Arab Saudi dalam kunjungannya yang ketujuh ke wilayah tersebut sejak konflik antara Hamas dan Israel meletus pada bulan Oktober.

Meski mendukung Israel, pemerintahan Presiden Joe Biden menuntut sikap moderat dari pemerintahannya dengan menghilangkan prospek hubungan formal dengan Arab Saudi.

Sementara itu, sebagai bagian dari proses tersebut, Arab Saudi mengusulkan cara untuk mengakui Negara Palestina serta jaminan keamanan yang mengalihkan fokusnya ke Timur Tengah.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Saudi Faisal bin Farhan yang bertemu Blinken di Riyadh juga mengatakan pihaknya “sangat dekat”.

Baca Juga: Kesepakatan Indonesia Jika Ada Konfirmasi Hubungan Israel dan Arab Saudi, Menteri Pajak AS Juga Bicarakan Konfirmasi Israel Keuntungan AS Pasca Konfirmasi Hubungan Arab Saudi dan Israel.

Namun, tambahnya, kesepakatan akan dilakukan setelah pengakuan Negara Palestina.

“Sebagian besar pekerjaan sudah selesai. Namun jalur darat Palestina adalah satu-satunya jalur yang bisa berhasil,” jelasnya.

  Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk bergabung dengan Saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top