Tanda Kondisi Rem Mobil Bermasalah, Jangan Dipaksa Jalan!

KLATEN, virprom.com – Mobil dilengkapi dengan sistem rem sebagai alat yang berperan untuk mencegah roda kendaraan berputar.

Kinerja vital rem harus selalu dijaga sebaik mungkin untuk menghindari terjadinya kecelakaan selama perjalanan.

Oleh karena itu, pengemudi harus memahami kondisi masalah sistem rem setiap hendak berkendara.

Baca juga: Jangan Terlambat, Ini Interval Aman Ganti Minyak Rem Mobil Anda

Hardi Wibowo, pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, permasalahan pada sistem rem mobil memang menimbulkan anomali.

“Jika pedal rem lebih dalam dari biasanya, itu tandanya sistem rem tidak berfungsi dengan baik, dikhawatirkan tekanan piston kurang maksimal saat melakukan pengereman,” kata Hardi kepada virprom.com, Jumat (8/9). ). 2024).

Selain rem internal, Hardi mengatakan sistem rem yang tidak normal juga bisa ditandai dengan pedal rem yang lebih keras dari biasanya.

Baca juga: Benarkah Umur Kampas Rem Mobil Semakin Pendek?

Saat mesin berputar, gaya rem harus dibantu dengan alat booster sehingga pengemudi tidak perlu menginjak pedal terlalu keras agar pengereman optimal, kata Hardi.

Hardi juga mengatakan, bunyi yang tidak wajar seperti bunyi berdecit atau gesekan berlebihan seperti logam yang membentur logam merupakan tanda kondisi rem tidak baik.

“Bisa jadi karena kotor atau kampas sudah aus, jadi kalau gesekan pengereman menimbulkan bunyi decitan, jangan diabaikan,” kata Hardi.

Baca juga: Jangan Abaikan 4 Tanda Rem Mobil Anda Mulai Bermasalah Ini

Jika muncul tanda-tanda di atas, menurut Hardi, sebaiknya sistem rem segera diperbaiki, jangan dianggap gejala biasa. Dengarkan berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda untuk mengakses saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top