Penggantian Komponen Mobil Secara Berkala Wajib Meski Tak Rusak

KLATEN, virprom.com – Penggantian suku cadang mobil fast moving secara rutin didokumentasikan dalam buku petunjuk pemilik atau perbaikan. Seperti filter udara, sabuk transmisi, busi, dll.

Menurut buku manual, komponen boleh diganti meskipun kondisinya masih bisa diservis. Jadi mengapa demikian?

Aji Dwi Nugroho, Mandor Aha Motor Yogyakarta, mengatakan ada beberapa bagian kendaraan yang harus diganti sesuai jadwal.

Baca Juga: Perawatan Mobil Hybrid, Mirip Mobil Konvensional

Jadwal penggantian suku cadang fast moving ini tertulis di buku petunjuk pemilik atau buku petunjuk perawatan, dan terkadang saat diperiksa kondisinya masih terlihat layak pakai, namun nyatanya hampir rusak, kata Aji kepada virprom.com. 30). 8/2024).

Misalnya saja saat penggantian busi, menurut Aji, busi berbahan dasar nikel diganti setiap 20.000 kilometer, dan busi berbahan iridium diganti setiap 100.000 kilometer. Faktanya, saat mobil dikendarai dalam jarak yang jauh, bagian-bagiannya mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

Namun kemampuan busi dalam menghasilkan bunga api justru mengalami penurunan sehingga dapat dikatakan suku cadang tersebut akan segera habis masa berlakunya dan perlu dilakukan penggantian secara berkala, kata Aji.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Perawatan Rem Sepeda Motor ABS dan Non ABS

Aji mengatakan penggantian suku cadang yang cepat memberikan keuntungan bagi konsumen dalam hal waktu perawatan yang lebih terukur. Oleh karena itu, konsumen tidak perlu kembali ke bengkel karena terjadi masalah pada mobilnya.

“Selain masalah efisiensi waktu, penggantian suku cadang sebelum rusak dapat meminimalisir kerusakan pada komponen lain, seperti sabuk penggerak, yang jika putus di jalan dapat menyebabkan mesin menjadi terlalu panas dan dapat terjadi kerusakan yang lebih parah.”

Oleh karena itu, Aji yakin dengan mengatur perawatan dan penggantian suku cadang secara cepat justru dapat menekan biaya perawatan mobil dan memudahkan konsumen dalam melakukan perjalanan. Dengarkan berita terkini dan pilihan terbaik kami langsung di ponsel Anda. Pilih saluran berita favorit Anda dan kunjungi saluran WhatsApp virprom.com: https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top